Oleh Media Center   Senin, 10 Agustus 2020
Selama Pandemi, SMPN 1 Tanjung Terapkan Sistem Pembelajaran Kombinasi
193 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Selama masa pandemi covid-19, SMP Negeri 1 Tanjung menerapkan sistem pembelajaran kombinasi antara sistem daring dan luring. Penggunaan sistem kombinasi ini untuk memudahkan siswa menajalani proses belajar jarak jauh.

Dalam pembelajaran jarak jauh, umumnya guru membahas pelajaran melalui grup whatsapp per mata pelajaran, agar pembelajaran yang berlangsung lebih fokus untuk masing-masing guru yang mengajar. Selain whatsapp grup guru juga melakukan pembelajaran melalui google class dan aplikasi penunjang lainnya.

Kepala SMP Negeri 1 Tanjung, Sopaidi menjelaskan, selama ini proses pembelajaran jarak jauh berjalan lancar. Pembelajaran di smp negri satu tetap berjalan normal, meski jam pelajaran diperpendek.

Jadwal mengajar daring di smp kita tahun ajaran 2020-2021 sudah kita jadwalkan dan proses pembelajarannya sebenarnya sama seperti pembelajaran masa masa normal akan tetapi jamnya saja yang diperpendek.” Kata Sopiadi

Guru SMP Negri 1, Istiqamah menjelaskan, jika anak murid kesulitan dalam pembelajaran daring, sekolah juga memperbolehkan siswa dalam pembelajaran luring atau luar jaringan. Dengan metode ini, siswa diminta mengambil modul pembelajaran di sekolah dengan waktu yang ditentukan.

“Jadi kalonya misalnya mereka tidak mampu di google class mereka bisa lewat wa dan ada juga klo misalnya lewat wa tidak bisa juga mereka bisa mengumpulkan kesekolah tetapi itu dibatasi waktunya.” Kata Istiqomah

Istiqamah menambahkan, selama beberapa bulan berjalan, pembelajaran daring maupun luring di SMP Negeri 1 Tanjung berjalan dengan lancar. Para siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh para guru. (Gazali)

Sumber: mc.tabalongkab.go.id