Oleh Media Center   Jumat, 17 Juli 2020
Persiapkan Kembali Ke Masyarakat, 18 Warga Binaan Lapas Tanjung Belajar Bercocok Tanam
168 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Inilah kebun sayuran yang dikelola warga binaan pemasyarakatan lapas kelas dua b tanjung. Di lapas ini terdapat terdapat tiga perkebunan, masing – masing berada di blok bawah dalam lapas, blok atas dalam lapas, dan di lahan yang berada di luar lapas. Semua kebun dikelola oleh WBP.

Jenis tanaman yang dibudidayakan wbp lapas beragam. Kebun di dalam area lapas ditanami pepaya, brokoli, lombok, tomat, timun sayur, dan labu. Sedangkan di perkebuanan luar lapas ditanami timun suri, singkong, semangka, dan jagung.

Kegiatan bercocok tanam ini merupakan salah satu program asimilasi Lapas Kelas Dua B Tanjung bagi WBP. Program asimilasi merupakan proses pembinaan wbp dengan tujuan memberikan bekal lerja untuk persiapan WBP saat nanti kembali ke masyarakat.

Kasi Pembinaan Dan Kegiatan Kerja Lapas Kelas Dua B Tanjung, Hazairin menjelaskan, asimilasi diberikan secara bertahap. Asimilasi yang dilakukan di dalam lapas bagi WBP yang sudah menjalani sepertiga masa pidana, sedangkan diluar lapas sudah menjalani setengah masa pidana. WBP yang mengikuti program asimilasi sudah disetujui melalui sidang tim pengamat pemasyarakatan, atau TPP.

“Asimilasi ada beberapa tahap, asimilasi di dalam yaitu mereka yang masih maksimum security jadi mereka diasimilasikan untuk bekerja perkebunan di dalam itu yang baru menjalani sepertiga, dan yang diluar ini sudah menjalani setengah masa pidananya.” Kata Hazairin.

Adapun total WBP yang mendapatkan program asimilasi bercocok tanam dari Lapas Kelas Dua B Tanjung sebanyak 18 orang, yang terbagi enam orang di blok bawah dalam lapas, lima orang blok atas, dan tujuh orang di luar lapas.

Sumber: mc.tabalongkab.go.id