Oleh Media Center   Jumat, 17 Juli 2020
DPRD Minta DLH Maksimalkan Retribusi Persampahan
195 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Badan Anggaran DPRD Tabalong, menggelar rapat bersama Dinas Lingkungan Hidup pada 9 Juni 2020. Rapat ini mebahas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Dinas Lingkungan Hidup Tabalong tahun anggaran 2019.

Dalam rapat ini, Kepala DLH Tabalong Rowi Rawatianice menjelaskan bahwa DLH Tabalong mendapat anggaran sebesar 40 milyar rupiah di tahun 2019, dengan realisasi 36 milyar atau 90,76 persen. Di tahun 2019 target pendapatan retribusi dlh sebanyak 990 juta rupiah, dengan realisasi 486 juta dari retribusi kebersihan dan lab, sedangkan retribusi persampahan belum terealisasi sekitar 50 persen dari target seluruh sumber retribusi.

Menyikapi hal ini, banggar mengapresiasi serapan anggaran DLH Tabalong. Namun, meski demikian Tim Banggar juga meminta DLH untuk meningkatkan realisasi PAD mereka. Salah satunya retribusi persampahan, yang disarankan dipungut bersamaan dengan biaya PDAM.

“Harapan kita kedepan bisa menarik retribusi yang sangat bagus untuk pendapatan daerah, namun kita masih belum banyak infrastruktur untuk kecamatan, untuk orang membuang sampah yang bagus, itu salah satunya juga. Ke depan kami DPRD dan DLH tetap memikirkan bagaimana caranya pembungan sampah yang tepat serta dalam pengambilan retribusi yang tepat untuk masyarakat Tabalong” ucap Mustafa

Mustafa berharap, dengan memaksimalkan PAD dari layanan persampahan, DLH dapat memberikan pelayanan persampahan merata di Tabalong.

Sumber: mc.tabalongkab.go.id