Oleh Media Center   Jumat, 17 Juli 2020
“Luruskan” Sistem Pengelolaan Koperasi, 9 Materi Perkoperasian Jadi Bahan Pelatihan
633 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Pelatihan perkoperasian yang diadakan Dinas Koperasi dan Ukm Kabupaten Tabalong, di Gedung PLUT, mengundang Lembaga Pemberdayaan Perkoperasian UKM Kalimantan Selatan sebagai fasilitator. Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari, dari 13 sampai 15 Juli 2020.

Terdapat sembilan materi perkoperasian yang disampaikan, yaitu kebijakan pembinaan dan pemberdayaan koperasi di Tabalong, evaluasi pendahuluan, pengkajian undang undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, nilai jati diri dan prinsip perkoperasian, organisasi dan manajemen koperasi, usaha dan permodalan koperasi, rencana kerja dan rapb koperasi, administrasi koperasi, serta jenis dan teknis rat.

Direktur Lembaga Pemberdayaan Perkoperasian Ukm Kalimantan Selatan, Tommy menyampaikan, pelatihan dilakukan untuk meningkatkan sdm pengurus, pengawas, dan anggota koperasi di kabupaten Tabalong.

Kami dipercayakan oleh Dinas Koperasi Dan UKM Kalsel sebagai fasilitator kepada pelatihan ini, yaitu dalam rangka peningkatan SDM pengurus, pengawas, dan anggota. Nah kebanyakan sekarang ini kita ketahui bahwa problema permasalahan perkoperasian banyak yang melakukan kegiatankegiatan yang tidak sesuai sop perkoperasian, nah sehingga kita mencoba meluruskan bagaimana pengurus koperasi mengelola koperasi, pengawas mengawasi koperasi, anggota juga sebagai pengguna jasa dan pasar daripada koperasi bisa memanfaatkan koperasi sebagai badan perusahaan untuk kepentingan anggota.”  Kata Tommy

Materi pelatihan perkoperasian akan disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM tabalong sendiri, serta tiga orang dari LP2UKM kalsel. Pelatihan perkoperasian ini juga bersifat manajerial, artinya menyangkut penata kelolaan dari segi kepengurusan koperasi.

Sumber: mc.tabalongkab.go.id