Oleh Media Center   Kamis, 09 April 2020
RSUD Lama Akan Disiapkan Jadi Pusat Perawatan Pasein Covid-19
539 Kali dilihat
Uncategorized

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana kembali mengoperasikan bangunan RSUD Haji Badaruddin Kasim yang lama yang berlokasi di Tanjung, untuk menangangi pasien dengan indikasi covid-19. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah, untuk mencegah penyebaran dan percepatan penanganan covid-19.

Faskes khusus untuk pasien indikasi covid-19, dinilai penting karena Tabalong menjadi daerah dengan jumlah ODP tertinggi di Kalsel. Selain itu Tabalong juga menjadi perlintasan tiga provinsi (Kalsel, Kaltim & Kalteng) sehingga fasilitas ini dapat digunakan pasien dari daerah lain diluar Tabalong.

Dalam konferensi pers yang digelar 7 April 2020, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyampaikan, pihaknya akan segera merenovasi 3 ruangan besar di bangunan ini, untuk menangani pasien dengan indikasi covid-19. Meliputi ruangan super VIP, VIP, dan ruang anak, sehingga dapat menangani pasien yang terindikasi masuk dalam golongan orang dalam pemantauan, ODP, maupun isolasi bagi pasien dalam pengawasan, atau PDP.

“pemerintah kabupaten Tabalong memutuskan untuk memfungsikan rumah sakit umum Tanjung yang lama sebagai pusat penanganan virus corona di kabupaten Tabalong. Jadi untuk tahap pertama ada 3 ruang besar ya,dulu disebut sebagai ruang super VIP, VIP, dan ruang anak itu akan segera kita renovasi dengan peralatan kesehatan dan sebagainya.” Kata Anang.

Selain memfungsikan banguan RSUD lama, Pemerintah Kabupaten Tabalong juga berencana merekrut tenaga medis yang khusus menangani pasien dengan indikasi covid-19 di Tabalong. Sehingga petugas medis yang ada saat ini, bisa fokus memberikan pelayanan kesehatan yang sudah berjalan. (Rangga)

Sumber: mc.tabalongkab.go.id