Oleh Media Center   Senin, 11 November 2019
Veteran Terima Santunan di Peringatan Hari Pahlawan
75 Kali dilihat
Pemerintahan

Media Center, Tabalong - Peringatan Hari Pahlawan Nasional dilaksanakan Pemkab Tabalong, dengan menggelar apel di halaman Pendopo Bersinar Tanjung dan juga tabur bunga di makam pahlawan, Senin (11/11/2019)

Dengan tema 'Jadilah Pahlawan Masa Kini yang memiliki kepedulian terhadap sesama', peringatan dipimpin Dandim 1008 Tanjung, Letkol Arm Edy Susanto.

Saat bertindak sebagai inspektur upacara, dandim membacakan amanat tertulis dari Mentri Sosial Republik Indonesia.

Dalam amanat tersebut disampaikan dengan peringatan ini diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu moment paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

"Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," tegasnya.

Peristiwa perang mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa daripara pendahulu negeri.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.

Sementara itu dalam rangkaian peringatan ini, Pemkab Tabalong juga menyerahkan santunan kepada 62 veteran yang ada.

Santunan yang diberikan berupa sejumlah uang tunai dan juga bahan pokok, serta bantuan kursi roda bagi enam orang veteran. (MC Tabalong/Mona)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA