Oleh Media Center   Kamis, 28 November 2019
Sejumlah Maskapai Lirik Bandara Warukin
183 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong – Bandar Udara (Bandara) Warukin yang berada di Kabupaten Tabalong kini sudah mengantongi izin dari Kementrian Perhubungan, terkait bandara khusus yang kini dapat melayani kepentingan umum.

Dari hal tersebut beberapa maskapai pesawat terjun langsung ke Bandara Wakurin untuk melihat fasilitas dan operasional bandara.

Sebelumnya, Bandara Warukin sudah memiliki dua rute penerbangan yang dilakukan PT Pelita Air Service yaitu Warukin – Muara Teweh dan Warukin – Halim Perdana Kusuma.

Saat ini Pemkab Tabalong bersama pihak bandara tengah berupaya untuk menambah rute lain yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan bandara Warukin.

Saat acara Gathering Airlines Serta Komersialisasi Bandar Udara Warukin, Selasa (26/11/2019) Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, mengatakan Bandara Warukin telah berubah statusnya dari bandara khusus menjadi bandara umum.

Dirinya yakin animo masyarakat lebih tinggi apabila Bandara Warukin dapat menyediakan rute penerbangan yang lebih banyak.

“Dalam beberapa bulan ini saya amati penerbangan khusus pelita air service Tanjung-Jakarta dan sebaliknya itu selalu penuh, bahkan kalau semua penumpang dapat terlayani maka dua buah pesawatpun tidak cukup,”tuturnya.

Menurutnya hal tersebut menjadi contoh bahwa animo masyarakat Tabalong dan sekitarnya untuk menggunakan Bandara Warukin lebih tinggi dan terjadi peningkatan.

Sementara Area Manager Lion Air wilayah Kalselteng, Agung Purnama, mengungkapkan, pihaknya akan melakukan observasi langsung ke Bandara Warukin terlebih dahulu untuk melihat standarisasi keamanan bandara.

Selain itu untuk mengecek potensi pangsa pasar, sedangkan untuk armada juga telah tersedia tinggal melaporkan kepada Lion Air pusat.

“Tindak selanjutnya kami akan melakukan observasi terkait standarisasi Bandar Udara Warukin, sebab kami harus memastikan keamanan dan keselamatan penumpang yang sesuai dengan standarisasi dari pihak Lion Air Group,’’katanya.

Sementara dalam acara gathering tersebut juga membahas rute penerbangan baru yang ditawarkan kepada para perwakilan maskapai yang hadir, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Wings Air dan Sriwijaya Air, dimana opsi penambahan rute ialah ke Banjarmasin, Balikpapan, Surabaya, Samarinda, Kotabaru, Makassar dan Jogjakarta.(MC Tabalong/Sy).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA