Oleh Media Center   Senin, 11 November 2019
FKP Ciptakan Seribu Wirausaha Muda Baru di Tabalong
92 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong - Meningkatkan kembali wawasan serta terciptanya kerjasama antar pengusaha dan stakeholder di Kabupaten Tabalong, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) menggelar Deklarasi Seribu Wirausaha Muda dan Wirausaha Muda Kalsel Award 2019, Senin (11/11/2019) di Wisma Tamu Bersinar.

Selain itu kegiatan ini dilaksanakan untuk menyatukan visi misi, dimana Tabalong sendiri melalui Bupati H Anang Syakhfiani mempunyai visi misi yang sama dalam hal menciptakan sepuluh ribu wirausaha baru di Tabalong,

"Oleh sebab itu, ini menjadi tujuan terlaksananya kegiatan ini, nantinya visi misi tersebut bisa disampaikan kepada pengusaha Tabalong dan Kalsel agar bisa menginspirasi bahwa saat ini wirausaha adalah tren anak muda untuk menyambut industri Four Point O (4.0),"kata Ketua FKP Kalsel, Zulrifan Noor, saat diwawancarai awak media.

Menurut Zulrifan, dalam pengembangan usaha tersebut ada beberapa poin yang harus dilakukan anak muda diantaranya pengembangan star up, yakni anak muda bisa menghasilkan usaha-usaha yang bersaing di era industri 4.0 dan FKP Kalsel bisa membantu dari segi permodalan.

Sedangkan untuk permodalan sendiri, pihaknya sudah mempunyai kerjasama dengan Koperasi Wakaf Indonesia (KWI).

"Dengan KWI ini yang nantinya memberikan modal usaha tanpa riba yang bisa digunakan para pengusaha seluruh kalsel, dimana target kita sepuluh ribu wirausaha muda,"jelasnya.

Lebih lanjut, kata Zulrifan, alasan kenapa dipilihnya anak muda dalam kegiatan ini disebabkan industri 4.0 sangat lekat dengan era digitalisasi.

"Jadi digitalisasi sekarang adalah eranya kaum milenial, jadi mereka kenal dengan teknologi informasi, intern optik segala macam itu ditangan anak muda, jadi kalau anak mudanya tidak tertarik untuk buat usaha kreatif dan bersaing 4.0 maka kita akan ketinggalan,"bebernya.

Sementara, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani ,sangat mengapresiasi kegiatan tersebut,

Dirinya meyakini begitu besarnya kontribusi peran wirausaha muda terhadap kegiatan ini.

Dimana pada periode kali ini Bupati Anang dengan yakin akan memprogramkan dan menciptakan sepuluh ribu wirausaha baru dan tenaga terampil, baik di Tabalong maupun Kalsel.

"Saya berkeyakinan itu bisa (target sepulih ribu wirausaha baru), oleh sebab itu saya berharap agar wirausaha baru yang terdiri dari anak muda ini bisa menyikapi perkembangan teknologi informasi yakni dari ekonomi digital dan bisnis online,"tutur Bupati.

Disampaikannnya juga,, apa yang dilakukannya ini lebih untuk memantapkan Kabupaten Tabalong, tidak hanya sebagai pintu gerbang Kalsel wilayah utara tetapi pintu gerbang ibukota wilayah selatan.

"Jadi apa yang dilakukan FKP ini lebih memantapkan posisi Tabalong sebagai etalasenya Kalsel, maksudnya sebagai etalase Kalsel, silakan kabupaten lain memanfaatkan itu, dengn memasukan banyak produk yang dihasilkan oleh kalsel yang nantinya bisa membanjiri ibukota dengan produk yang kita miliki,"tutupnya.(MC Tabalong/Sy)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA