Oleh Media Center   Rabu, 20 November 2019
Dorong Kreativitas dan Inovasi Lewat Festival Pangan Lokal B2SA
87 Kali dilihat
Khas Daerah

Media Center, Tabalong - Festival Pangan Lokal B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) tingkat Kabupaten Tabalonf digelar Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setempat, Selasa (19/11/2019) di Bahindang Bahindala, Pendopo Bersinar Tanjung.

Plt Kepala DKP Tabalong, H Mugni Aziz, menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk mendorong penerapan konsumsi pangan B2SA dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

Kemudian juga mendorong kreativitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial dan menggali potensi.

Mengembangkan kreativitas dalam menciptakan menu pangan lokal, mengangkat citra pangan lokal.

"Serta memasyarakatkan pangan lokal di daerah kita sesuai potensi sumber daya yang ada serta sebagai upaya agar menu lebih beragam," katanya.

Adapun peserta yang mengikuti lomba merupakan anggota TP PKK yang bekerjasama dengan ibu-ibu para usaha mikro dari 12 kecamatan di Kabupaten Tabalong.

Makanan yang dilombakan tentunya makanan yang berbahan non beras dan terigu, berupa kudapan olahan pangan B2SA yang bernilai komersil dengan dua kategori yaitu produk olahan pangan B2SA dan kategori Lunch Box B2SA,.

Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong, Hj Syarifah Syifa, dalam sambutanya sekaligus membuka acara mengatakan, ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta kesadaran masyarakat dan keluarga dalam menigkatkan kualitas serta kuantitas pangan keluarga.

Selain itu juga meningkatkan semangat untuk menggali kretivitas masyarakat khususnya ibu-ibu dalam memanfaatkan sumberdaya lokal.

"Penganekaragaman adalah upaya untuk meningkatkan keragaman konsumsi dan mutu gizi masyarakat, dengan cara meningkatkan konsumsi pangan nonberas dan nonterigu dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal,"tuturnya.

Sementara itu, pemenang lomba festival pangan kategori Lunch Box B2SA untuk juara 1 diraih Kecamatan Kelua, juara 2 Kecamatan Tanta dan juara 3 Kecamatan Banua Lawas yang masing-masing mendapatkan piala dan hadiah. (MC Tabalong/Mona)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA