Oleh Media Center   Selasa, 01 Oktober 2019
Tambah Minat Anak Muda Terus Lestarikan Budaya Dayak Deah
26 Kali dilihat
Khas Daerah

Media Center, Tabalong- Kecamatan Upau dikenal dengan kampung wisata alam dan budaya, di antaranya air terjun Kinarum dan budaya Dayak Deah.

Salah satu kerajinan tangan yang cukup khas dari Dayah Deah berupa pembuatan baju kulit kayu dari kulit pohon Terap Hundang.

Pohon yang berbuah mirip nangka tapi ukurannya lebih kecil dengan aroma wanginya kuat mirip cempedak.

Masyarakat Suku Dayak Deah biasa menyebutnya juga dengan Kulit Kayu Deluang.

Keunikan ini juga diperlihatkan dalam gelaran Festival Dayak Deah Kampung Sepuluh.

Ketua dewan kesenian Desa Panggelak, Hermen Iskandar Nendar, mengatakan, dengan festival kesenian Dayak Deah diharapkan menambah minat generasi muda untuk lebih mendalami dan mencintai tradisi serta kesenian agar nantinya bisa dikenal di seluruh Indonesia.

"Dengan adanya sejumlah sanggar seni di Kecamatan Upau menambah semanggat generasi muda untuk lebih melestarikan budaya di bidang tari, musik dan kesenian membuat baju kulit kayu maupun anyaman lainya," tuturnya saat diwawancarai di Upau, Senin (30/9/2019)

Sejumlah anggota sanggar seni yang ada di Kecamatan Upau sudah beberapa kali mengikuti sejumlah acara di tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional dalam rangka lebih memperkenalkan kebudayaan Dayak Deah. MC (Tabalong/Mona)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA