Oleh Media Center   Senin, 28 Oktober 2019
Siapkan SDM Unggul, Disnaker Gelar PBK Tahap V
84 Kali dilihat
Pemerintahan

MediaCenter, Tabalong – Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kreatif, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahan V, di aula BLK setempat, Senin, (28/10/2019).

Pada tahap atau angkatan kelima tahun 2019 ini diikuti 80 orang, yang didominasi anak lulusan SMA.

Materi yang diberikan dengan lima program jurusan antara lain, PHP (Pengolah Hasil Pertanian), operator menjahit pakaian dasar, instalasi penerangan, instalasi tenaga, dan las SMAW 3G.

Kepala Disnaker Tabalong, Syaiful Ikhwan, tujuan dari adanya PBK ini untuk memberikan keterampilan kepada para peserta agar dapat memiliki skill untuk memasuki dunia kerja dan usaha.

“Jadi ini memberikan keahlian, keterampilan terhadap para pencari kerja kita yang ada di Tabalong,” ujar Syaiful saat diwawancarai usai pembukaan kegiataan.

Ditambahkannya, selain itu tujuan dilaksanakannya pelatihan juga untuk memberikan kemampuan kerja kepada masyarakat yang membutuhkan keterampilan dan keahlian yang kompeten di berbagai bidang.

Kemudian, target yang diharapkan dengan adanya PBK ini peserta akan dilatih dan mempunyai keterampilan keahlian, lalu peserta akan diuji kompetensinya melalui ujian teori dan praktek.

"Jika lulus, maka peserta akan mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) yang didukung pemerintah," katanya.

PKB ini juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Tabalong untuk menanggulangi pengangguran.

Sementara itu, Bupati Tabalong yang diwakili Aberani Abberar selaku Asisten Adminitrasi, menyampaikan, melalui kegiatan PBK dapat menyiapkan masyarakat yang mempunyai kemampuan dalam keterampilan kerja menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah, swasta, ataupun diri pribadi.

“Ke depan masyarakat Kabupaten Tabalong diharapkan mampu merubah pola pikirnya, yaitu dapat membangun pola piker entrepreneurship, dengan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan yang mampu menciptakan peluang kerja, baik bagi diri sendiri maupun masyarakat lainnya,” tutur Aberani Abberar. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA