Oleh Media Center   Rabu, 02 Oktober 2019
Pelajar SMAN 1 Tanjung Bangga Kenakan Batik Berbagai Daerah
61 Kali dilihat
Khas Daerah

MediaCenter, Tabalong – Bertepatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019, satu sekolah di Kabupaten Tabalong, SMAN 1 Tanjung, mewajibkan peserta didiknya mengenakan Batik daerah khas Indonesia, Rabu, (2/10/2019).

Batik merupakan salah satu warisan dari para leluhur Indonesia yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada 02 Oktober 2009.

Dilansir dari situs UNESCO, ada beberapa proses dalam pembuatan batik antara lain teknik, simbolisme, dan budaya terkait batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia.

Bahkan, UNESCO menilai masyarakat Indonesia memaknai batik dari prosesi kelahiran sampai kematian.

Kepala SMAN 1 Tanjung, Wagimin, mengatakan, sangat bangga terhadap muridnya karena ikut merayakan Hari Batik Nasional dengan memakai batik daerah khas Indonesia.

“Kami selalu memperingati Hari Batik Nasional setiap tahunnya, dari sekolah mengimbau kepada seluruh warga sekolah, agar menggunakan batik,” ujar Wagimin saat diwawancarai.

Menurutnya, peserta didik dibebaskan memakai batik daerah khas Indonesia sebagai ekspresi untuk mencintai budaya dan melestarikan warisan para leluhur.

“Batik ini dari setiap daerahkan coraknya berbeda-beda, ada yang menggunakan batik sasirangan khas Banjar, khas Tabalong, Madura, batik Jawa, dan daerah lainnya. Latar belakang yang bermacam itu merupakan ekpresi dari peserta didik kita,” tambahnya.

Batik juga merupakan salah satu unsur Bhenika Tunggal Ika yang menyatukan semua element yang berbeda tetapi tetap satu.

Sementara itu, Ketua Osis SMAN 1 Tanjung, Gilang Bayu, mengatakan dengan memperingati Hari Batik Nasional ini dapat melestarikan batik dari berbagai daerah Indonesia agar tidak punah di zaman millenial.

“Jadi batik ini masih banyak digunakan oleh anak-anak muda bahkan menjadi trend, dan juga ini merupakan rasa Nasionalisme kita terhadap budaya para leluhur,” imbuhnya

Selain Gilang Bayu, Hafiz Maulana dari kelas XI Mipa 3 juga menyampaikan rasa bangganya dalam memperingati Hari Batik Nasional dan bisa membagikan kegiatan sekolahnya melalui sosial media.

“Dari sosial media kita bisa mengunggah gambar menggunakan hastag #BatikDay #SmantaBatikNasional melalui instagram, sehingga kita dapat mempromosikan batik-batik dengan bangga,” ujar Hafiz. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA