Oleh Media Center   Senin, 21 Oktober 2019
Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat
25 Kali dilihat
Sosial & Budaya

Media Center, Tabalong- Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong bersama Adaro Indonesia menggelar diskusi publik "Pariwisata Berbasis Masyarakat".

Bersama sejumlah penggiat pariwisata yang ada di Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan, dialog dilaksanakan di Cafe Meratus Mabuun, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan ini juga dihadiri langsung Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tabalong, Mahdi Noor dan Plt Disporapar, Tumbur Manurung.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepara para penggiat tempat wisata, bahwa sangat pentingnya masyarakat dalam kegiatan pariwisata.

"Dari hasil diskusi malam ini para penggiat pariwisata setuju dengan melibatkan masyarakat banyak orang, kesepakatan akan tujuan, proses yang harus dilakukan meskipun jatuh bangun dan penting sekali untuk mengukur beberapa sisi efek yang dihasilkan oleh kegiatan yang dilakukan tersebut," kata Section Head Community Relation PT Adaro Indonesia, H Fejarianor saat diwawancarai.

Plt Kepala Disporapar Kabupaten Tabalong, Tumbur Manurung, menyampaikan, kegiatan malam ini mencari ide gagasan untuk pengembangan kedepan pariwisata, khususnya di Tabalong.

"Tabalong memiliki segala unsur tentang pengembanggan pariwisata dan nantinya pemberdayaan, implementasi yang nantinya perlu dikembangkan sesuai dengan kultur dan budaya yang ada di kabupaten Tabalong," tuturnya.

Ditempat yang sama Wakil Ketua komisi 3 DPR Kabupaten Tabalong, H Hanafi Gobet, mengatakan dengan adanya kejelasan dari dialog terkait pariwisata yang ada di Tabalong, tentunya pihak DPRD Kabupaten Tabalong juga siap memberikan dukungan.

"Berkaitan dengan peraturan daerah untuk bidang usaha pariwisata berbasis masyarakat agar ada perlindungan maka dari itu kami akan memperjuangkan regulasi yang berkaitan dengan penataan pariwisata di Tabalong," tuturnya. (MC Tabalong/Mona)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA