Oleh Media Center   Kamis, 24 Oktober 2019
Kades Diminta Rangkul Semua Warganya
62 Kali dilihat
Pemerintahan

MediaCenter,Tabalong – Pelantikan 57 Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pilkades serentak 2019 digelar, di Gedung Pendopo Bersinar ,Selasa (23/10/2019).

Pelantikan langsung dilakukan Bupati H Anang Syakhfiani dan disaksikan seluruh pejabat Pemkab Tabalong serta dihadiri Forkopimda Kabupaten Tabalong dan kerabat para kades terpilih.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, dalam sambutannnya mengucapkan selamat kepada kades yang baru dilantik dan diambil sumpahnya untuk resmi mengemban tugas sebagai kepala desa.

“Terpilihnya menjadi kades karena adanya kepercayaan dari masyarakat di desanya masing-masing, untuk itu mulai hari ini saudara bukan kepala desa hanya bagi masyarakat yang memilih tetapi bagi seluruh masyarakat di desa sekalian,”kata Bupati Anang.

Oleh sebabnya langkah pertama yang harus dilakukan, tambah bupati, harus merangkul kembali masyarakat di desa masing-masing, agar semuanya bisa menjadi potensi dalam mendukung dan mempercepat pembangunan di desa maupun Pemkab Tabalong.

Terakhir bupati juga berpesan kepada kades yang dilantik, dalam beberapa tahun sudah melaksanakan satu kegiatan yang bernama Gerbangmas.

“Saya berharap Gerbangmas ini diaktualisasikan kembali dalam konteks pembangunan desa dan konteks perpaduan perencanaan pembangunan selain itu saya minta perhatian kades yang sudah membentuk bumdesmart agar lebih ditingkatkan lagi keberadannya, bagi yang belum saya minta ini diprioritaskan menggunakan dana desa tahun 2020,”jelasnya.

Menanggapi permintaaan bupati terkait pengoptimalkan bumdesmart, satu kades terpilih dari Desa Bumi Makmur, Kecamatan Bintang Ara, Exis Setiawati, mengaku siap dan akan berusaha dan semaksimal mungkin mendukung dan mensukseskan program bupati terkait bumdesmart.

“Saya siap dan berupaya semaksimal mungkin mengoptimalkan bumdesmart di desa saya ini, supaya bisa jalan dan terkelola dengan baik,” kata Exis.

Terlepas dari itu, motivasi menjadi kades, imbuh Exis dirinya ingin membangun desa lebih baik dan maju karena melihat didesanya memiliki potensi alam yang banyak, sehingga ini nantinya dapat mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Sy).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA