Oleh Media Center   Selasa, 22 Oktober 2019
JikaMaka Tabalong Cetak Wirausaha dengan Skill dan Keterampilan
53 Kali dilihat
Sosial & Budaya

MediaCenter, Tabalong – JikaMaka Kabupaten Tabalong gelar pembukaan acara program Pendidikan Komputer dan Kewirausahaan Gratis tahun 2019 yang diikuti 1000 peserta dan 100 Impact Wirausaha Baru 2018 di Gedung Sarabakawa Tanjung, Selasa (22/10/2019).

JikaMaka merupakan singkatan dari Jika Belajar, Maka Bisa. JikaMaka wadah untuk masyarakat khususnya pemuda di Kabupaten Tabalong agar bisa mengikuti kursus komputer, kewirausahaan, motivasi dan pengembangan diri.

Awiek Hadi Widodo selaku pendiri sekaligus ketua JikaMaka mengatakan konsep dari JikaMaka akan terus berkelanjutan demi Smart City Tabalong yang lebih maju dan terdepan.

“Ada aplikasi dan website itu bagi pelaku lulusan JikaMaka yang sudah mempunyai usaha. Artinya mereka sudah bisa menjual produk mereka melalui online, harapan saya agar JikaMaka selalu mendapat support bagi calon wirausaha baru atau bisa menjadi sebuah tempat magang, dan menjadi tempat penerima tenaga kerja yang terampil dan siap pakai,” ujar Awiek saat diwawancarai oleh awak media.

Selain membimbing pemuda dan masyarakat Tabalong, JikaMaka juga mempunyai program SLB yaitu membina dan mendidik anak-anak yang berkebutuhan khusus untuk menjadi pribadi yang mandiri dengan mempunyai usaha.

Sementara itu, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, mengatakan pemerintah Kabupaten Tabalong selalu memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan JikaMaka.

“Hari ini memberikan keyakinan kepada saya sebagai Bupati Kabupaten Tabalong, bahwa Tabalong siap untuk menyambut, dan menghadapi ibu kota negara baru. Untuk bersaing kita harus mempunyai keterampilan yang jauh lehih dari orang luar,” tutur Anang saat menyampaikan pembukaan dan paparannya.

Anang juga menambahkan pekerjaan di perusahaan dan menjadi PNS sangat terbatas, maka siapa yang mempunyai skill dan keterampilan, dialah yang siap menghadapi masa depan.

Ada pun dua acara untuk meningkatkan skill dan keterampilan, antara lain melalui program JikaMaka dan melalui pusat pelatihan Dinas Tenaga Kerja yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Selain pembukaan, JikaMaka juga menerima bantuan program dari CSR PT Adaro Indonesia dengan dana sebesar Rp40 juta, dan CSR Buma Indonesia memberikan bantuan tiga PC Komputer beserta empat printer. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA