Oleh Media Center   Senin, 28 Oktober 2019
Inovasi Mandai Crispy Bawa TKSK Bintang Ara Masuk 15 Besar Nasional
91 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong - Syahrianor Arifin, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, patut berbangga.

Ini karena dirinya mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masuk 15 besar dalam Pilar Sosial Teladan TKSK Tingkat Nasional Tahun 2019.

Hal itu dibuktikan dengan adanya kunjungan langsung sejumlah tim penilai dari Kementrian Sosial RI beberapa waktu lalu.

Terkait prestasi yang dicapai, Syahrianor Arifin mengaku tidak menyangka dirinya bisa masuk di 15 besar di skala nasional, mengingat jumlah TKSK di Indonesia hampir 7500 orang di seluruh Indonesia.

"Kita hanya mengerjakan apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai TKSK, dan alhamdulilah tidak menyangka hasilnya seperti ini dihargai oleh kementrian, dengan prestasi masuk sampai 15 besar,"ujarnya.

Menurut Syahrianor, dirinya bisa terpilih dan masuk 15 besar, itu karena sejumlah kriteria, salah satunya memiliki inovasi.

"Kemarin inovasi yang saya angkat terkait Kulit Cempedak (mandai ), yang dibikin menjadi makanan olahan berbentuk crispy, yang dikemas secara baik, dan alhamdulilah produknya banyak diminati dan menjadi makanan oleh-oleh bagi pengunjung yang datang ke Tabalong,"bebernya.

Selain inovasi mandai, tambah Syahrianor, dirinya juga bekerjasama dengan warga sekitar berinovasi membuat usaha jamur tiram, dan ini salah satu bentuk usaha membantu warga sekitar dalam mengangkat ekonomi keluarga dan mengurangi garis kemiskinan.

Menurutnya lagi, bisa mencapai sekarang ini intinya sejauh mana kegiatan itu sangat bermanfaat, dan itu menjadi point utama bagi TKSK lainnya yang ingin sekiranya masuk ke tingkat nasional ini.

"Mudah- mudahan ini sebagai acuan bagi teman TKSK lainnya agar bisa mengikuti dan melanjutkannya, paling tidak memiliki berprestasi lebih dari saya,"bebernya.

Sementara itu, menilik dari kinerjanya sendiri, Syahrianor sudah menjalankan dan berkiprah sebagai TKSK selama sembilan tahun.

Dirinya berharap, apa yang dilakukan TKSK ini selalu bisa bermanfaat bagi masyarakat dan terpenting pemerintah selalu mendukung apa yang kami laksanakan (MC Tabalong/Sy).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA