Oleh Media Center   Rabu, 02 Oktober 2019
DPRD Tabalong Dukung RDTR Kawasan Industri
64 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter, Tabalong – Penyusunan Materi Tekhnis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan Industri di Saradang, mendapat dukungan dari DPRD Tabalong.

Ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Tabalong, H Jurni, saat menghadiri FGD terkait hal ini di Hotel Jelita Tanjung, baru-baru tadi.

Menurutnya, bila dokumen sudah terpenuhi dan selesai, maka ada dua keuntungan bagi Kabupaten Tabalong.

Seperti, tata lingkungan di wilayah Industri di Seradang nantinya akan dapat tertata dengan mudah dan baik.

Lalu dokumen dapat dijadikansebagai promosi untuk pengusaha ataupun investor tingkat nasional maupun Internasional.

”Penyusunan ini dibantu dan dikawal pihak Kementrian ATR, sehingga kami yakin hasil dokumen nanti kualitasnya baik. Tidak ada alasan dari dewan untuk tidak mendukung supaya RDTR ini lebih cepat selesai," ungkapnya saat diwawancarai.

Menurutnya pula ketika RDTR sudah diputuskan dalam bentuk peraturan daerah (perda), maka pihak Kementrian ATR akan memuatnya dalam sistem informasi online.

Sehingga akan terlihat lalu menjadi acuan dan pemikat bagi investor baik dari daerah, nasional ataupun investor dan pengusaha-pengusaha Internasional untuk berinvestasi di kawasan Industri Saradang Kabupaten Tabalong.

Sementara itu diwaktu yang sama M Noor Rifani selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong, mengatakan, penyusunan RDTR merupakan bagian dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang sudah menjadi kewajiban Pemerintah Kabupaten Tabalong, yang dari hasil produknya akan dimasukan ke sistem di Kementrian ATR.

“Harapan kita nanti investor di daerah Nasional dan Internasional akan bisa melihat kawasan Industri Saradang, sehingga diharapkan semakin banyak Investor di Tabalong maka akan terjadi akselarasi pembangunan kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabalong," katanya.

Ada kurang lebih 3000 hektare luas wilayah yang akan digunakan untuk kawasan industri Seradang.

Disusunnya RDTR ini, maka dapat mengatur kawasan-kawasan yang menjadi komponen untuk sebuah wilayah Industri. Diharapkan dengan adanya RDTR ini kawasan Industri dapat tertata dengan lebih baik di Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA