Oleh Media Center   Sabtu, 28 September 2019
Penyusunan RDTR Kawasan Industri Saradang Masuki Tahap Analisis Data
83 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter, Tabalong –Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), kedua kalinya menggelar kegiatan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang didukung Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) serta DPRD Tabalong untuk melakukan Focus Grup Discussion (FGD), Kamis (26/9/2019) di Hotel Jelita Tanjung.

Dalam pembahasan kali ini menyangkut materi teknis RDTR dalam kawasan industri Desa Seradang, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, H AM Sangadji, mengatakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Saradang dan Gunung Batu memiliki dua kawasan industrinya.

RDTR wajib dibuat Pemerintah Kabupaten Tabalong di setiap kawasan industri.

“Kita mempunyai kewajiban Rencana Detail Tata Ruang, pembahasan RDTR ini diperlukan dan sangat penting, karena akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah, pihak swasta investor dalam dan luar negeri terkait berbagai komponen di kawasan industri untuk membangun usaha dan berinvestasi," tutur AM Sangadji saat diwawancarai awak media.

Dia juga berterimakasih dengan kementerian karena memberikan respon yang sangat cepat sehingga bisa membantu pemerintah Kabupaten Tabalong untuk mempercepat Perda RTRW dengan rencana detailnya.

Di waktu yang sama Kasubdit Pedoman Perencanaan Tata Ruang dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang, Dr Hardian, menyampaikan, ada tahapan sebanyak lima dalam penyusunan RDTR.

Yaitu persiapan, pengumpulan analisis data, penyusunan rencana, pembahasan dan legislasi.

Penyusunan RDTR kawasan Industri Saradang saat ini sudah memasuki tahap hasil pengumpulan dan analisis data dengan memformulasikan tujuannya.

“Jadi RDTR disusun bukan bertujuan untuk mentransformasi semua kawasan Saradang menjadi kawasan industri, tetapi mengamankan komponen-komponen penting di kawasan Saradang,” ucap Dr Hardian.

Kegiatan pembahasan penyusunan RDTR di Kawasan Industri Saradang dihadiri pula Wakil Ketua DPRD Tabalong H Jurni, Kepala Dinas PUPR M Noor Rifani, dan sejumlah kepala SKPD terkait. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA