Oleh Media Center   Kamis, 19 September 2019
Gerakan Pramuka Wadah Kembangkan Potensi Diri
49 Kali dilihat
Pedidikan

MediaCenter, Tabalong – Apel Gelar Senja Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tabalong digelar di Pendopo Bersinar Pembataan,Selasa, (17/9/2019).

Seketaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Herwandi, yanh jadi pembina salam gelar senja ini menyampaikan, Kegiatan kepramukaan selalu mengedepankan beragam kegiatan yang bermakna positif.

Sasaran utama dari kegiatan yang dilaksanakan adalah meningkatkan sikap dan kreativitas patriotisme, dengan bertambahnya wawasan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan.

Kegiatan pramuka telah mengajarkan banyak hal yang positif, termasuk kepemimpinan. Anggota pramuka, yang didominasi para pelajar dan pemuda ini harus bisa menempa diri untuk menjadi seorang pemimpin dimasa depan.

Herwandi juga berharap agar adik-adik pramuka terus mengabdikan diri untuk daerah yang dicintai.

“Teruslah bekerja dengan ikhlas mengabdikan diri untuk masyarakat," ujarnya.

Menurutnya pula gerakan Pramuka merupakan salah satu jenis pendidikan non formal yang menjadi wadah bagi pengembangan potensi diri serta akhlak mulia, guna melahirkan kader-kader pemuda dan pemudi yang tanggah, cerdas, dan disiplin.

“Sebagaimana terkait maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang membawa dampak kabut asap dimusim kemarau ini, anggota Pramuka diharapkan meningkatkan sensitivitas dan kepedulian dengan mengajak serta meminta peran aktif masyarakat," katanya.

Sementara itu, apel gelar senja yang dilaksanakan gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Tabalong ini juga dimeriahkan berbagai lomba kreativitas, seperti lomba puzzle tingkat siaga, lomba yel-yel tingkat penggalang, dan lomba uji pengetahuan tingkat penegak.

Lomba ini diikuti lebih dari 750 orang dari berbagai sekolah. Namun yang memenangkan kategori hanya sembilan sekolah dari masing- masing juara.

Sekolah yang memenangkan perlombaan dengan kategori lomba Puzzle tingkat siaga antara lain SDN Mabuun sebagai juara I total nilai 475, SDIT Annahl sebagai juara II total nilai 470, dan SDN 2 Pembataan sebagai juara III total nilai 465.

Lomba Yel-yel tingkat penggalang dijuarai oleh MTs Nurul Mostafa sebagai juara I total nilai 445, MTsN 4 Tabalong sebagai juara II total nilai 435, dan Mts 9 Tabalong/12 Murung Pudang sebagai juara III total nilai 420.

Terahir lomba Uji Pengetahuan SMAN 1 Tanjung juara I total nilai 18, MAN 1 Tabalong juara II total nilai 17, dan SMAN 3 Tanjung juara III dengan total nilai 16. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA