Oleh Media Center   Kamis, 26 September 2019
Festival Dayak Deah Tampilkan Budaya dan Kearifan Lokal
64 Kali dilihat
Khas Daerah

MediaCenter, Tabalong - Event tahunan Festival Budaya Dayak Deah kembali dilaksanakan Lembaga Adat Dayak Deah Kampung Sepuluh Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, kembali digelar untuk kelima kalinya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pelaksanaan acara untuk pertama kalinya dilaksanakan di Desa Pangelak, Kecamatan Upau.

Dalam even yang bertujuan untuk melestarikan budaya lokal ini ditampilkan berbagai macam budaya dan kerajinan, di antaranya tarian Dayak Deah, baju dari kulit kayu dan pengobatan tradisional khas Dayak Deah.

Festival Budaya Dayak Deah ini akan berlangsung mulai dari 25 September 2019 sampai 2 Oktober 2019.

Ketua pelaksana Festival Dayak Deah, Darius, mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama satu minggu dengan berbagai macam acara yang dilaksanakan siang dan malam.

Dengan tujuan agar bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Pangelak yang menyuguhkan keindahan wisata alam dan wisata budaya.

“Kami mempunyai 12 stand pameran yang menjual sejumlah kerajina khas Dayak Deah diantaranya berupa kain sasirangan motif Dayak Deah, baju dari kulit kayu, tas, dompet dari anyaman purun, stand kuliner dan obat-obatan tradisional khas Dayak Deah,”tuturnya saat diwawancarai.

Dirinya berharap Festival Budaya Dayak Deah ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya dan untuk hari puncaknya nanti akan dilaksanakan pertunjukan Manaik Manau.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, dalam sambutanya mengatakan, sebelumnya masyarakat Kecamatan Upau sudah beberapa kali melaksanakan gelar budaya Dayak Deah dan meningkat menjadi Festival Budaya Dayak Deah.

“Sesuai dengan harapan bersama Desa Kaong, Kinarum dan Pangelak yang mayoritasnya penduduknya suku Dayak maka desa tersebut dijadikan kampung budaya, dengan harapan menjadi destinasi wisata para wisatawan dari dalam maupun luar Kalimantan,” jelasnya.

Sementara itu, Festival Dayak Deah yang dilaksanakan selama satu minggu ini diisi dengan sejumlah acara, diantaranya tari-tarian Sastra Dayak Deah, permainan tradisonal, tari gintur, atraksi manaik manau, pertunjukan musik sentokong dan klongkopak. MC Tabalong/Mona

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA