Oleh Media Center   Senin, 30 September 2019
Dinas Ketahanan Pangan Luncurkan Food Security and Vulnerability Altas
60 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter, Tabalong – Dinas Ketahanan Pangan gelar sosialisasi dan launching Food Security and Vulnerability Altas (FSVA), Peta Ketahanan Kabupaten Tabalong Tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan, Senin, (30/9/2019)di Geduung Pusat Informasi Tanjung ini dihadiri langsung Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani . 

FSVA merupakan peta yang menyajikan sebaran daerah berdasarkan kerawanan dan kerentanan pangan, dengan mengetahui daerah-daerah rentan pangan, penanganannya akan semakin mudah dan tepat sasaran.

Ada tiga aspek utama FSVA yang disusun ketahanan pangan, antara lain cadangan pangan, konsumsi pangan dan keamanan pangan. Sehingga dapat digunakan instansi terkait dalam penyusunan program intervensi kerawanan pangan dan gizi.

“Di Kalimantan Selatan, kita Kabupaten Tabalong memiliki skor 81,11 untuk ketahanan pangan berada diurutan ke-5. Secara Nasional urutan kita adalah 35, jadi cukup bagus dan data ini dari statistik,” tutur Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tabalog, Fahrial Fuady.

Munurutnya, adanya infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung akses distribusi pangan ke suatu daerah dijadikan sebagai salah satu indikator.

Sementara itu Bupati Anang, mengatakan, peringkat Kabupaten Tabalong jangan dianggap biasa.

 “Saya minta dengan SKPD terkait, dalam melaksanakan estistensi dengan upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan yang lebih baik,” ujarnya. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA