Oleh Media Center   Selasa, 24 September 2019
Bupati Tabalong Sahkan Penambahan Modal PT BPR Tahun 2019
69 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

Tanjung,InfoPublik – PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Kabupaten Tabalong, di Kantor BPR Tabalong Bersinar Jl P Antasari Nomor 2 Tanjung, Tabalong Senin, (23/9/2019).

Dalam RUPS-LB itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong menyetujui dan mengesahkan penambahan penyertaan modal sebesar Rp.5 Miliar untuk penyaluran kredit Gerbang Emas.

Penambahan penyertaan modal ini merupakan salah satu program prioritas yang termuat di RPJMD Kabupaten Tabalong tahun 2019-2024.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani selaku pemegang saham pengendali BPR Bersinar saat membuka RUPS-LB mengatakan peminjaman melalui BPR harus dapat memberikan dukungan terhadap Pemkab Tabalong untuk terus meningkatkan nilai indeks pembangunan manusia.

Anang menjelaskan untuk menjadi lembaga yang profesional, BPR milik pemda harus diperkuat dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Untuk itu, pengurus BPR milik pemda harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

“Kita sama-sama mengetahui tahun 2018 SDM kita peringkat sepuluh dari Kabupaten Kota yang berada di Kalimantan Selatan, dan sekarang 2019 berada diperingkat ke tiga. Luar biasa peningkatannya. Oleh sebab itu, ini yang harus didukung BPR dalam rangka menyalurkan pinjaman tanpa bunga. Artinya pinjaman ini kita berikan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM), usaha-usaha yang sudah berjalan," katanya.

Penguatan UKM melalui PT. BPR memiliki fungsi tiga yaitu, pertama meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Tabalong, memberantas rentenir berkedok koperasi dan memperkuat rentabilitas dan likuiditas BPR.

Sementara Komisaris Utama BPR Tabalong Bersinar, Ahmad Jubairi, mengatakan Pemkab Tabalong merupakan pemegang saham terbesar, sekitar 88 persesn.

“Sudah in (masuk) sudah berjalan, dan masyarakat sudah menerima jadi hari ini tinggal pengesahan. Karena ada proses mekanisme di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada verifikasi dan syarat lainnya. Sudah terpenuhi semuanya, dana sudah masuk ke rekening BPR masing-masing. Nah baru hari ini dinyatakan sah berlaku," ujar Jubair saat diwawancarai.

Dia juga berharap agar masyarakat di Kabupaten Tabalong bisa memanfaatkan dana Kredit Gerbang Emas yang disalurkan oleh BPR Tabalong Bersinar, menghindari kredit dengan rentenir berkedok koperasi, karena Kredit Gerbang Emas bunganya 0 persen dan dilaksanakan oleh Banknya orang Tabalong. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA