Oleh Media Center   Senin, 26 Agustus 2019
Siapkan 3.200 Hektare Lahan untuk Dukung Program Serasi
38 Kali dilihat
Pemerintahan

MediaCenter, Tabalong – Tingkatkan kualitas pertanian terutama padi, Dinas Pertanian Tabalong gelar sosialisasi tentang optimasi lahan mendukung Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi),Kamis, (22/8/2019).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Pusat Informasi Tanjung ini merupakan rangkaian kegiatan program Serasi Kalimantan Selatan

Berkaitan dengan optimasi lahan rawa sebagai lahan pangan TA 2019, di Kabupaten Tabalong, pemerintah memberikan bantuan pendanaan kepada kelompok tani rawa.

Bantuan ini untuk perbaikan kondisi infrastruktur lahan dengan prioritas kegiatan perbaikan tata air mikro, rehabilitasi, atau membangun pintu air serta infrastruktur yang dibutuhkan lahan sawah di rawa seluas 3.200 hektare.

Desa penerimaan optimasi lahan kegiatan serasi antara lain Kelua, Pugaan, Banua Lawas, dan Muara Harus, sesuai dengan rekomendasi dari para ahli rawa baik di Badan Litbang Pertanian/BPTP atau perguruan tinggi setempat.

Bantuan pemerintah kepada kelompok tani dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 173/PMK.05/2016 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian Negara/Lembaga.

“Melalui program Serasi diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus meningkatkan produksi pertanian Kabupaten Tabalong. Kita harus bersama-sama bekerja keras dalam sukseskan program Serasi sesuai dengan harapan,” ujar Plt Kadis Pertanian Tabalong, Norzain A Yani saat menyampaikan sambutannya mewakili Bupati Tabalong.

Salah satu narasumber dari program Serasi perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Imam Subarkah, mengatakan, untuk Tabalong ditargetkan dapat alokasi program Serasi 3.200 hektare.

“Dikhususkan untuk lahan lebak atau lahan rawa dan Tabalong termasuk lahan tipe lahan lebak.” Imbuh Imam

Lahan rawa lebak adalah lahan yang tergenang air berasal dari luapan sungan atau hujan dengan periode genangan minimal satu bulan.

“Program utama Serasi sebenarnya pengelolaan tata air, bagaimana tata air bisa dikelola oleh kelompok tani. Kemudian bisa dimanfaatkan untuk melakukan pertanaman khususnya padi di lahan 3.200 hektare, yang tadinya satu kali tanam bisa menjadi dua kali tanam,” tambah Imam saat diwawancarai kru Media Center Tabalong.

Sumber dana optimasi lahan mendukung Serasi berasal dari APBN-TP Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan.

Besar dana optimalkan lahan kegiatan serasi Rp 4,3 juta per hektare. Untuk di Kabupaten tabalong dengan sasaran 3.200 hektare, maka jumlah dana optimasi lahan mendukung Serasi sebesar Rp 13,7 miliar. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA