Oleh Media Center   Senin, 19 Agustus 2019
Pernak-pernik Merah Putih Laris Manis, Pedagang Jawa Barat Ini Ketagihan Jualan ke Tabalong
28 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter, Tabalong – Momentum Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sudah menjadi surganya bagi para penjual bendera merah putih dan pernak-pernik 17 Agustus.

Termasuk di Kabupaten Tabalong, seperti biasanya banyak pedagang dadakan yang menjual pernak-pernik bernuansa merah putih.

Dari penelusuran MediaCenter Tabalong, ternyata tak hanya warga lokal, penjual pernak-pernik ini juga ada yang berasal dari luar Kalimantan.

Salah satunya, Yaman (58), yang sengaja datang jauh-jauh dari Jawa Barat hanya untuk berjualan pernak-pernik 17-an di wilayah Tabalong.

Menurutnya, bulan Agustus merupakan momen yang paling-paling ditunggu-tunggu dalam setiap tahunnya dan ke Tabalong bukan kali pertama dilakukan.

“Saya berjualan dari tanggal 22 Juli kemarin, dan rencana pulang ke Jawa Barat lagi tanggal 18 Agustus nanti,” katanya kepada awak media, Jumat (16/8/2019).

Saat ditanya kenapa memilih jauh -jauh berjualan ke kabupaten Tabalong, Yaman dengan semangat mengatakan karena penghasilan yang dia dapat cukup lumayan.

“Di sini, di Kabupaten Tabalong saya berjualan sudah delapan kali Agustus, dan penghasilan yang saya dapat cukup memuaskan,” bebernya sambil tersenyum.

Diceritakan Yaman, dirinya datang ke kabupaten Tabalong tidak sendirian, melainkan bersama sanak saudaranya yang lain.

Semuanya dengan tujuan yang sama mendapatkan rupiah dari hasil menjual pernak-pernik merah putih hari kemerdekaan RI.

“Kita kesini  rombongan, saya tidak sendirian, ada adik, ada keponakan dan ada anggota keluarga lainnya. Jualannya di lokasi yang berbeda,” ucapnya.

Sebelum di kabupaten Tabalong, tambah Yaman, dirinya pernah mencoba peruntungan menjajakan barang dagangannya di beberapa daerah.

Di antaranya pernah ke, Pontianak Kalimantan Barat, Bengkulu dan NTB, tetapi hasil yang didapat tak sebagus saat berjualan di Tabalong.

“Saya sudah kemana-mana berjualan. Ada beberapa lokasi saya datangin. Eh…, yang paling rame ya di Kabupaten Tabalong,” katanya.

Lalu berapa penghasilan dalam sehari dengan menjual pernak-pernik merah putih di Tabalong? Yaman enggan untuk mengatakan berapa angka pastinya.

“Pokonya lumayanlah,” pungkasnya. (MC Tabalong/Irwin).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA