Oleh Media Center   Kamis, 08 Agustus 2019
Libatkan Guru dan Petugas Kantin Jaga Keamanan Jajanan Anak Sekolah
22 Kali dilihat
Kesehataan

MediaCenter,Tabalong – Penyediaan jajanan yang sehat dan aman merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat, khsususnya anak sekolah. Sebab asupan zat gizi yang sehat,aman sangat diperlukan guna mendukung masa pertumbuhan.

 Untuk itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tabalong menyelenggarakan Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah.

 Bertempat di Gedung Sarabakawa, Kamis (8/7/2019), 193 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru olahraga dan kesehatan serta petugas kantin sekolah mengikuti kegiatan ini.

Tujuannya agar memperoleh informasi dan upaya apa yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.

 Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Guntur, mengatakan, kegiatan ini salah satu bentuk kerjasama dalam menyukseskan program pemerintah dalam memberikan pencerahan, informasi, bimbingan kepada perwakilan sekolah yang sudah ditunjuk.

 “Supaya program ini lancar dan berhasil, salah satunya dengan diadakan bimtek ini, supaya peserta yang hadir memiliki pemahaman, informasi dan edukasi terkait keamanan pangan yang baik itu seharusnya yang bagaimana,’’ kata Guntur.

 Selanjutnya, setelah bimtek ini, tambah Guntur, dirinya bersama tim akan meninjau langsung ke lapangan untuk melihat bagaimana kegiatan ini bisa terinterferensi.

 “Untuk memastikan itu, makanya kami akan mendorong kepala sekolah agar membentuk tim kelompok jaminan keamanan pangan di masing-masing sekolah, yakni bisa berkolaborasi dengan kantin sekolah dan penjual makanan di luar sekolah agar setiap makanan yang dijual dipastikan aman dan sehat,” jelasnya.

 Sementara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan, Taufiqurrahman Hamdie, mengimbau kepada peserta bimtek agar sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dengan baik.

 “Saya inginkan agar peserta benar-benar memperhatikan kegiatan ini, agar informasi dan materi yang didapat dari narasumber ini bisa di aplikasikan, supaya bisa berperan aktif untuk memastikan peredaran jajanan sekolah dalam kondisi aman, sehat dan bergizi," tutupnya. (MC Tabalong/Sy)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA