Oleh Media Center   Rabu, 14 Agustus 2019
Kenang Perjuangan Kemerdekaan, Ratusan Warga Serempak Lakukan Napak Tilas
21 Kali dilihat
Politik & Hukum

MediaCenter,Tabalong- Ratusan masyarakat secara serempak melakukan napak tilas dengan berjalan kaki dari perbatasan wilayah terluar Tabalong menuju pusat kabupaten, Selasa (13/8/2019).

Peserta dari berbagai elemen masyarakat ini nampak sangat antusias mengikuti napak tilas yang berlangsung dari sekitar pukul 08.00 wita hingga pukul 16.00 wita.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, napak tilas untuk mengenang perjuangan kemerdekaan secara serempak melintasi dua rute berbeda, yakni dari wilayah selatan dan utara Tabalong.

Di wilayah selatan, peserta memulai perjalanan dari Taman Makam Pahlawan Syuhada, Desa Sei Durian Kecamatan Banua Lawas.

Dipilihnya lokasi ini bukan tanpa alasan, tetapi di lokasi ini merupakan titik nol yang merupakan perbatasan antara Hulu Sungai Utara dengan Tabalong.

“Jadi daerah itu, selain menjadi titik nol perbatasan, di sana juga ada makam pahlawan, mengingat sejarah perjuangan terdahulu, estapetnya daripada HSU-Tabalong itu letaknya di Sei Durian,“ kata Camat Banua Lawas, Zainuddin

Peserta napak tilas dari wilayah selatan ini dilepas langsung Wakil Bupati (Wabup) Tabalong H. Mawardi.

Menurut Wabup kegiatan napak tilas ini merupakan refleksi dari perjuangan para pahlawan, khususnya di Kabupaten Tabalong bagi generasi muda berikutnya.

“Mengingat sekarang ini banyak generasi yang sudah jalan, saya harapkan dengan napak tilas ini bisa lebih menimbulkan rasa nasionalisme dan patriotisme serta kecintaannya terhadap bangsa dan negara,” katanya.

Sementara itu, untuk wilayah utara, peserta napak tilas dilepas Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Tabalong, Zulfan Noor dari Tugu Bundaran Haruai, Desa Halong Kecamatan Haruai.

Tugu ini merupakan salah satu monumen pengingat pertahanan para pejuang Tabalong yang bersembunyi di Gunung Sialing dalam menghadapi penjajah belanda.

Dari kedua titik start ini, setelah menempuh perjalan masing-masing rombongan dari dua arah berbeda ini kemudian bertemu di pusat kota kabupaten, di Taman Giat Kota Tanjung.

Dari lokasi ini barulah tongkat estafet dilanjutkan warga wilayah tengah Tabalong untuk berjalan menuju ke Taman Makam Kencana Pahlawan Mabuun.

Saat menuju Taman Makan Pahlawan Mabuun inilah, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda) juga ikut bergabung.

Mereka berbaur menyatu bersama warga berjalan kaki ketika rombongan melintasi Kantor Kemenag Kabupaten Tabalong.

Setibanya di Taman Makam Pahlawan, bupati kemudian melanjutkan tugasnya untuk menjadi inspektur upacara napak tilas.

Dalam arahanya, bupati menyampaikan, momen ini adalah saat yang tepat untuk kembali menyegarkan ingatan dengan semangat perjuangan para pendahulu ketika merebut kemerdekaan.

Tetapi disampingi itu, Anang mengatakan, napak tilas ini bukan hanya selesai hingga kegiatan ini berakhir tetapi juga bisa terus menjadi semangat dalam kehidupan sehari-hari.

“Tentu melalui kegiatan ini kita sudah melakukan ikhtiar agar masyarakat kabupaten tabalong khususnya generasi muda bisa memahami bahwa perjuangan merebut dan menegakkan kemerdekaan bukan lah perjuangan yang mudah.” Kata Anang saat menjadi inspektur upacara napak tilas di Mabuun, Selasa (13/7).

Senada dengan Bupati Tabalong, Komandan Kodim 1008 Tanjung, Letkol Arm Edy Susanto mengatakan, napak tilas ini juga menjadi momentum bagi generasi muda untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme,

“Tetap semangat, kepada anak muda sebagai penerus generasi bangsa” Ujar Edy. (MC Tabalong/Sy/Gilang)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA