Oleh Media Center   Selasa, 06 Agustus 2019
Kembangkan Potensi Ekonomi, Bappeda Rencanakan Penyusunan Masterplan
27 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter, Tabalong- Dalam rangka melakukan pengembangan potensi ekonomi daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabalong menyelenggarakan Focus Group Disccussion (FGD) Rencana Aksi Penyusunan Masterplan Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah.

Dimana inti dari FGD ini untuk mendapatkan bahan masukan, baik dari pelaku usaha dan perangkat daerah pada saat penyusunan masterplan pengembangan potensi ekonomi daerah.

Hal itu diungkapkan Kepala Bappeda Tabalong, Mahdinoor, yang ditemui awak media usai kegiatan, Senin (5/8/2019) di aula Bappeda setempat.

FGD kali ini, imbuh Mahdi, ada keterkaitan dengan pelaku usaha, mengingat merekalah yang selama ini memanfaatkan potensi-potensi di Tabalong untuk bisa dihasilkan menjadi produk daerah, yang dampaknya nanti pada pengembangan ekonomi.

“Kita tidak bisa bekerja dengan sendiri , tentu ada keterlibatan, baik dari pemda melalui perangkat daerahnya, juga pelaku usaha dan swasta secara bersama-sama melakukan identifikasi potensi dan potensial apa yang perlu dikembangkan,’’jelas Mahdi.

Oleh sebab itu, lanjut Mahdi, perlu adanya koordinasi baik internal maupun eksternal, yang kemudian dilanjutkan dengan pengembangan wawasan.

Mahdi juga meminta dukungan dan kerjasama kepada semua perangkat daerah di Tabalong, khususnya yang bergerak di bidang ekonomi untuk bisa melakukan identifikasi apa saja potensial yang bisa dikembangkan di daerah terkait peningkatan perekonomian.

“Kami ingin mereka melakukan identifikasi dan segera berkoordinasi dengan Bappeda, tidak hanya mengidentifikasi tetapi juga melengkapi dengan analisis data, sebab analisis data lima tahun kebelakang itu menjadi pijakan untuk menentukan proyeksi lima tahun kedepan,” katanya.

Dirinya berharap , mereka yang menganalisi data dengan timnya akan semakin matang dan arah kebijakannya akan semakin jelas didalam masterplan ini.

Adapun FGD dalam rangka melakukan pengembangan potensi ekonomi daerah, program ini merupakan kerjasama dengan pemerintah pusat khsususnya kementerian keuangan melaui Direktorat Jenderal Keuangan Daerah.

Dimana dalam aksi ini didampingi mentor dari Kementrian Keuangan Direktorat Perimbangan Keuangan Daerah. (MC Tabalong/Sy).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA