Oleh Media Center   Kamis, 01 Agustus 2019
Kabupaten Tabalong Ditargetkan Menjadi Wilayah Tertib Ukur
27 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

Tabalong, MediaCenter - Pasar Kelua hari ini, Selasa (30/7/2019) tiba-tiba mendadak ramai. Namun keramaian tersebut bukan karena warga ingin berbelanja melainkan adanya pengawasan perdagangan oleh tim gabungan.

Tim tersebut terdiri dari Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Regional III, Dinas Perdagangan Kalsel dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabalong dipimpin staf ahli Pemkab Tabalong, H Aberani Abrar.

H Aberani mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai persiapan agar Kabupaten Tabalong bisa menjadi Daerah Tertib Ukur(DTU).“Pasar – pasar yang ada di Kabupaten Tabalong termasuk Pasar Kelua, tahun 2019 kita targetkan akan menjadi pasar tertib ukur,” sebutnya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan terus memberikan pengawasan terhadap pedagang yang menggunakan timbangan agar alat ukur tersebut masuk dalam kategori standar.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabalong, Norzain Ahmad Yani meminta kepada seluruh pedagang untuk melakukan tera akan timbangannya.“Bagi pedagang yang timbangannya belum di tera bisa melakukan tera. Soalnya kalau belum ditera takutnya dapat merugikan kedua belah pihak baik si pembeli bisa juga kepada si penjual,” katanya.

Kegiatan tera ini untuk mengkalibrasi supaya alat ukur itu sesuai standar.“Untuk pasar Kelua ada beberapa yang belum di tera karena baru, jadi nanti akan dilakukan pada bulan depan” tegasnya. Pihaknya akan rutin mengadakan tera ulang yakni tiap tahunnya. (MC Tabalong/Irwin/YR).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA