Oleh Media Center   Kamis, 08 Agustus 2019
Cegah Narkoba BNNK Tabalong Bentuk Desa Bersinar
50 Kali dilihat
Politik & Hukum

MediaCenter, Tabalong- Pembentukan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) menjadi satu upaya BNNK Tabalong untuk melakukan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Pasalnya, menurut data penelitian di Indonesia 2017 antara BNN RI dengan pusat penelitian Universitas Indonesia (UI) tedapat angka 12.000 orang pertahun mati karena penyalahgunaan narkoba.

Tidak hanya di kota saja peredaan narkoba, desa pun menjadi sasaran bagi oknum pengedaran narkoba dari generasi milenial hingga masyarakat umum.

Ini disampaikan kepala BNNK Tabalong, AKBP Husni Thamrin, saat menggelar press release bersama wartawaan agar turut mendukung anti markoba daerah Kabupaten Tabalong, Kamis, (8/8/2019) di Aula BNN Tanjung.

Disampaikannya, untuk melakukan pencegahan, BNN juga melaksanakan sosialisasi ke tingkat desa dengan beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Salah satunya bekerjasama dengan Karangtaruna di Desa Manduin Kecamatan Muara Harus dan di SMPN 2 Upau, Kecamatan Upau.

“Betul, penyalahgunaan dan pengedaran narkoba ini tidak hanya di kota saja, tetapi juga sampai ke desa-desa. Ini juga menjadi sasaran kami bagaimana ketahanan masyarakat, keluarga, kota atau desa bisa melawan pengedaran narkoba," ungkapnya.

Kemudian masih dengan menyasar desa, BNNK Tabalong melaksanakan program pembentukan Desa Bersinar. Salah satu relawan anti narkoba yang sudah terbentuk yakni di Desa Tanta, kecamatan Tanta.

Dengan Desa Tanta yang sudah ada relawan anti narkoba, maka ini bisa menjadi contoh bagi desa lain dalam pembentukan Desa Bersinar.

“Kita ingin membantu, tetapi keinginan masyarakatlah yang dapat membentengi penyalahgunaan dan pengedaran narkoba, rencana kami semoga bulan Agustus ini juga akan membekali dulu setiap desa," jelasnya.

Ditambahkannya, karena setiap desa ada tiga pilar, maka semuanya akan diundang untuk pemahaman sosialisasi bahaya narkoba.

"Mungkin tidak seluruh desa dulu sementara, tetapi tiga wilayah yaitu utara, selatan, dan tengah, mungkin itu dulu yang akan diundang. Minimal mereka ada keinginan menjadikan Desa Bersinar," ujar Husni Thamrin.

Selain sosialisasi dari kota hingga ke desa-desa, sebagai upaya pencegahan BNNK juga melakukan tes urine bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kabupaten Tabalong. (MCTabalong/ Maimunah)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA