Oleh Media Center   Senin, 12 Agustus 2019
Cari Sapi Kurban yang Sehat, Ini Ciri-cirinya
8 Kali dilihat
Kesehataan

MediaCenter,Tabalong – Menjelang hari raya Idul Adha, masyarakat Tabalong mulai ramai membeli sapi yang akan disembelih pada lebaran kurban nanti.

Melihat ramainya pembelian sapi kurban, Kepala Seksi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabalong, Suwandi, mengingatkan kepada masyarakat sebelum membeli sapi hendaknya bisa mengetahui ciri-ciri sapi yang sehat.

Ia menjelaskan bahwa sapi yang sehat bisa dilihat dari cuping hidungnya, apabila basah maka bisa dikatakan sapi tersebut sehat tidak mengalami demam.

“Apabila ia (cuping hidung) kering , maka dia panas (demam), nah itu warning jangan dibeli terlebih dahulu,” kata Suwandi saat ditemui di Kantornya, Mabuun, Kamis (8/8/2019).

Selain itu, ciri dari sapi yang sehat juga bisa diketahui dari mata yang bersinar tidak redup, seluruh tubuhnya gemuk dan utuh.

“Jadi sapi ini utuh, dari ekor dan sebagainya atau tidak cacat lah,” tambahnya.

Kemudian yang tidak kalah penting, menurut Suwandi, usia sapi tersebut sudah siap untuk dipotong. Usia sapi yang siap untuk dipotong adalah 2,5 tahun hingga 3 tahun.

“Karena di umur tersebut, sudah powel, dan giginya sudah berganti,” sampainya.

Pihaknya berharap masyarakat tidak membeli sapi yang sakit sehingga bisa merugikan kesehatan masyarakat.

“Yang kita takutkan kalau sapi yang tidak sehat ini sapi yang mengandung penyakit zoonosis, yang bisa menular ke manusia,” ucap Suwandi.

Ditambahkannya, untuk menghindari terjadinya masyarakat mengkonsumsi sapi yang sakit, Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan selalu bersedia apabila ada masyarakat yang memerlukan pendampingan ketika membeli sapi kurban.

“Kalau masyarakat mau nanti bisa menelpon kami untuk mendampingi ketika membeli hewan kurban,” pungkasnya. (MC Tabalong/Gilang).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA