Oleh Media Center   Selasa, 20 Agustus 2019
Bikin Surat Keterangan Tidak Lagi Harus ke Pengadilan
49 Kali dilihat
Politik & Hukum

MediaCenter, Tabalong – Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Kelas II, Senin (19/8/2019) kemarin meluncurkan inovasi terbaru aplikasi e-raterang atau Elektronik surat keterangan.

Aplikasi ini merupakan inovasi pelayanan untuk mempermudah proses pembuatan beberapa surat keterangan.

Sehingga tidak seperti beberapa waktu lalu yang dilakukan manual dan antri, maka kini cukup dengan online yang bisa diakses menggunakan handphone android.

“Selama ini masyarakat yang mengajukan surat keterangan harus mengantri di Pengadilan Negeri Tanjung Kelas II. Namun sekarang tidak lagi,” ucap Ketua PN Tanjung, Riyanti Desiwati.

Progam ini melayani untuk pengurusan berbagai surat keterangan, seperti surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit, tidak pernah dipidana, tidak dicabut hak pilihnya, dipidana karena kealpaan ringan atau alasan politik dan surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan atau badan hukum.

“Kami ingin kerjasamanya kepada pemerintah untuk bisa mensosialisasikan dan tentunya mengaplikasikan serta menyampaikan kepada seluruh masyarakat,” katanya.

Selain inovasi terbaru ini, pihaknya juga sudah meluncurkan beberapa aplikasi lain diantaranya elektronik persidangan, e-court atau elektronik peradilan dan e-summons atau pemanggilan pihak secara online.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani sangat mengapresiasi dengan inovasi yang telah diluncurkan PN Tanjung ini.

“Kami siap mewujudkan dan mendukung program yang dijalankan oleh PN Tanjung,” katanya.

Dengan kemajuan seperti ini, imbuh Anang, hendaknga ditiru SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Saya berharap hubungan baik antara pengadilan dan Pemerintah Kabupaten Tabalong dapat kita tingkatkan di masa-masa yang akan datang,” ujar Anang

Dukungan tersebut diberikan Pemerintah kabupaten Tabalong kepada PN Tanjung kelas II agar operasional PN Tanjung Kelas II bisa berjalan dengan baik.

“Kabupaten Tabalong mengapresiasi luar biasa kepada PN Tanjung Kelas II karena sudah mendahului Pemerintah Kabupaten Tabalong,” katanya.

Pasalnya PN Tanjung Kelas II sudah dicanangkan sebagai wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Hanya ada tiga di kabupaten Tabalong yang telah menerima predikat itu yakni, PN Tanjung, Polres Tabalong dan Pengadilan Agama. (MC Tabalong/Irwin)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA