Oleh Media Center   Rabu, 21 Agustus 2019
Anak Ditilang, Orangtua Berurusan dengan Polisi
59 Kali dilihat
Politik & Hukum

MediaCenter,Tabalong – Polres Tabalong meminta kepada orangtua untuk memberikan perhatian lebih kepada anaknya saat berangkat ataupun pulang sekolah, terutama dalam hal transportasi.

Kasatlantas Polres Tabalong AKP M Chaidir, mengatakan, terkait hal ini pihaknya telah memberikan surat edaran kepada sekolah SMP dan SMA sederajat wilayah perkotaan.

Surat edaran berisi larangan bagi pelajar yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) untuk mengendarai sepeda motor atau mobil ke sekolah.

“Jadi ini merupakan atensi kita dari Polres Tabalong dan sudah berkoordinasi dengan dinas pendidikan dengan maksud dan tujuan agar kita bisa menekan angka lakalantas terhadap pelajar,” katanya kepada media center Tabalong, Senin (19/8/2019).

Menurutnya, agar larangan sesuai edaran ini bisa berjalan, maka selain dari sekolah, peran dari orangtua juga sangat penting.

“Saat ini kita lihat wujud kasih sayang orangtua yang salah telah memberikan kendaraan kepada anaknya. Padahal anak mereka belum layak untuk menggunakan, dalam artian belum cukup umur,” tegasnya.

Setelah diberlakukannya surat edaran tersebut, lanjut Chaidir, Polres Tabalong tidak bisa mentoleransi lagi pelajar yang kedapatan menggunakan kendaraan tanpa izin resmi.

“Memang sebelumnya apabila ditemukan ada pelajar yang menggunakan kendaraan dan belum cukup umur kita hanya memberikan teguran lisan saja. Tetapi dari sekarang langsung kita berikan tindakan yakni berupa surat tilang dan yang mengambil kendaraan nantinya adalah orangtuanya,” bebernya.

Alasan kenapa orang tuanya yang mengambil, karena kata Chaidir, orangtualah sumber utama yang membuat anak bersangkutan ditilang.

“Karena orangtualah sumber utama. Siapa yang membeli kan kendaraan?Adalah orang tua, karena suplai pertama adalah orangtuanya,” jelasnya.

Selain itu alasan lainnya, sekaligus memberikan sosialisasi kepada orangtua. Bahwa kasih sayang itu harus tepat.

“Jangan kita selalu memberikan apapun yang diminta dengan wujud kasih sayang itu tetapi malah membahayakan bagi si anak itu sendiri,” katanya. (MC Tabalong/Irwin)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA