Oleh Media Center   Rabu, 14 Agustus 2019
28 Kontingen Pelajar Ikuti Lomba PBB Dinas Pendidikan
27 Kali dilihat
Pedidikan

MediaCenter, Tabalong- Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Dinas Pendidikan (Disdik) gelar lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se Kabupaten Tabalong, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Selasa, (13/8/2019).

Semangat yang tinggi dari peserta didik berbagai sekolah ini terbukti dengan meningkatnya jumlah kontingen yang mengikuti lomba PBB.

Jika tahun lalu hanya 16 kontingen, tahun ini peserta lomba PBB bertambah jadi 28 kontingen.

Kepala Dinas Pendidikan Tabalong, Akhmad Rizali Noor, meminta kepada juri ataupun penilai dari Polres Tabalong dan Kodim 1008 Tanjung unuk bisa memberikan masukan serta evaluasi kepada kontingen yang menjadi peserta.

Dengan begitu maka peserta juga bisa mendapat pengetahuan yang lebih, termasuk tatacara baris-berbaris yang baik dan benar.

“Gerakan yang ditunjukan oleh peserta pun terlihat sangat baik dan teratur. Kita berharap anak-anak kita yang ikut berpatisipasi dalam rangka lomba PBB mendapat ilmu pengetahuan dengan ikut lomba PBB walaupun nantiya tidak terpilih sebagai juara,” ujar Rizali.

Dia juga berharap kontingen yang ikut lomba PBB bisa menjadi pelopor di sekolah masing-masing, dari pengetahuan, evaluasi yang diberikan serta bimbingan oleh para juri dan penilai.

Sementara itu, Fendri salah satu juri dari kodim, mengatakan, PBB tahun lalu dan tahun ini tidak jauh berbed, karena mengacu pada Peraturan Panglima (Perpang) nomor 46 tahun 2014.

“Pada dasarnya PBB adalah untuk membentuk karakter, itu yang pokok, jiwa, mental, dan kepribadian. Nah selanjutnya membentuk fisik bagaimana eraturan baris-baris yang benar,” tambah Fendri.

Sementara itu, dari hasil yang dilakukan tim penilai, untuk tingkat SMA sederajat, juara pertama diraih SMKN 1 Tanjung, SMKS Tabalong meraih juara kedua dan MAN 1 Tabalong juara ketiga.

Sedangkan di tingkat SMP/MA, SMPN 6 Tanjung meraih juara pertama, SMPN 1 Tanjung juara kedua, dan SMPN 2 juara ketiga. (MC Tabalong/Maimun).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA