Oleh Media Center   Jumat, 02 Agustus 2019
10 Finalis Utuh Diyang Tanjung Tampilkan Bakat dan Presentasi Kebudayaan
326 Kali dilihat
Sosial & Budaya

Tabalong, MediaCenter – Masuk dalam 10 besar finalis Utuh dan Diyang Tanjung merupakan kebanggaan tersendiri yang dirasakan oleh peserta, tidak lupa rasa syukur pun mereka panjatkan. Pemilihan Utuh dan Diyang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan melalui Bidang Kebudayaan, adapun para peserta yang mengikuti Utuh dan Diyang Tanjung tidak hanya dari kota saja tapi dari  berbagai Kecamatan di Tabalong.

Masing-masing peserta menampilkan bakatnya dihadapan penonton serta juri yang menilai dari tingkat Provinsi Kalimantan Selatan bertempat di Wisma Tamu Pendopo Kabupaten Tabalong. Kamis, (1/8/2019) malam.

Bakat yang ditampilkan peserta antara lain tari, membaca puisi, menyanyi, bela diri, bercerita Bahasa Banjar dan lain sebagainya. Aisha Norjayanti salah satu dari peserta Utuh dan Diyang mengatakan motivasinya untuk mengikuti Utuh dan Diyang ingin menjadi generasi muda yang berkualitas, dan menginspirasi bagi generasi muda di Kabupaten Tabalong.

“Alhamdulillah untuk Grand Final besok dipersiapkan semaksimal mungkin walau dikejar oleh waktu.” Tambah Aisha, perwakilan Kecamatan Tanjung saat diwawancarai awak media.

Setelah menampilkan bakat seni, para peserta juga Presentasikan Kebudayaan yang ada di Kabupaten Tabalong. Tujuan dari bakat dan presentasi ini memberikan kesempatan agar peserta mengexplore Kebudayaan yang ada di Kabupaten Tabalong sehingga sebagai Duta Tabalong khususnya Bidang Kebudayaan peserta nantinya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Kebudayaan yang perlu dilestarikan.

Presentasi Kebudayaan bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta tentang Kebudayaan Tabalong dan menilai pengetahuan mereka selama pembekalan.

Masdulhaq Abdi selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong mengatakan topik pada Presentasi Utuh Diyang Tanjung ada cagar Budaya, permainan rakyat, tradisi seperti makan Batalam, “Nah, salah satu budaya makan Batalam berkembang di masyarakat dan sampai saat ini kita bisa melihat setiap tahunnya di daerah Bangkili” ujar Abdi.

Pada tahun ini pemilihan Utuh Diyang Tanjung tidak menekan jumlah peserta tetapi lebih ke mutu yang di miliki oleh peserta.

“Dari awal kami sudah menyaring peserta yang ikut Utuh dan Diyang Tanjung dari berbagai Kecamatan di Tabalong. Setiap kecamatan diharapkan bisa menurunkan perwakilan dari 12 Kecamatan.” Tambah Abadi.

Grand Final Pemilihan Utuh dan Diyang Tanjung akan diselenggarakan pada 02 Agustus 2019 di Gedung Sarabakawa Tanjung yang dihadiri oleh Wakil Bupati Tabalong. (MC Tabalong/Maimun).