Oleh Media Center   Jumat, 12 Juli 2019
Diverifikasi Tim Hatinya PKK, Desa Kambitin Raya Dinilai Baik Dalam Penuhi Kebutuhan Pangan
32 Kali dilihat
Sosial & Budaya

MediaCenter,Tabalong -Masuk dalam enam besar  nominasi lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat nasional. Desa Kambitin Raya, Kabupaten Tabalong mendapatkan kunjungan langsung oleh tim lomba dari pusat  untuk mendapatkan penilaian dan verifikasi.

Seperti diketahui , masuknya Desa Kambitin Raya di enam besar ini,  lantaran menjadi juara pertama di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,  dan setelah didaftarkan ke jenjang di atasnya, ternyata  terpilih kembali dan masuk nominasi enam besar di tingkat nasional.

"Jadi kegiatan hari ini merupakan kegiatan terakhir Tim penggerak PKK Pusat untuk monitoring dan evaluasi peninjauan di lapangan, karena secara administratif melalui seleksi, Tabalong masuk ke dalam enam terbaik, tinggal nanti nunggu pengumuman pemenang di Padang." Kata Ketua Tim Penilai Pusat Lomba Hatinya PKK, Hanifah Husein Baldan saat ditemui Awak Media Center.

Lebih lanjut, dari hasil peninjauannya, Hanifah menilai masih ada beberapa kekurangan, hal itu dikarenakan skala kepemilikan lahan terlalu besar di setiap rumah tangga. "Jadi secara kasat mata kita melihat itu tidak optimal karena ada lahan atau tanah yang keliatan, beda di tempat lain, penuh karena lahannya kecil," bebernya.

Meski belum optimal dirinya mengakui kalau kabupaten di luar pulau jawa memang tingkat kesulitannya lebih tinggi , "Tetapi saya menilai ketika terdapat kesulitan tinggi dan mereka bisa menutupinya dengan berbuat sesuatu ini akan menjadi suatu kelebihan." Jelasnya.

Selain itu, dirinya mencatat potensi Tabalong sudah baik akan tetapi perlu ditingkatkan khususnya  holtikultura. "Sayuran kalau bisa ditambah variasi lagi, tetapi kalau soal pangan kebutuhan pokok sudah terpenuhi." Tambahnya.

Masih di acara yang sama, Ketua PKK Kabupaten Tabalong, Hj Syarifah Syifa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ketua tim penggerak PKK Provinsi Kalsel yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Tabalong dengan mengikutsertakan Desa Kambitin Raya mengikuti lomba HATINYA PKK tingkat nasional.

Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang sudah memberikan arahan dan pembinaan, mudah - mudahan ini yang membuat semangat dan optimisme  untuk bisa menjadi yang terbaik. "Tutupnya.

Selain dihadiri oleh tim penilai dari pusat, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tabalong, Sekretaris Kabupaten Tabalong, Camat dan anggota tim penggerak PKK Provinsi serta Kabupaten Tabalong (MC Tabalong/Sy)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA