Oleh Media Center   Selasa, 30 Juli 2019
Disperindag Tabalong Siap Fasilitasi Pemasaran Batik Tabalong
41 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabalong,dengan berbagai akses yang dimiliki siap memfasilitasi pemasaran batik khas Tabalong salah satunya dengan merencanakan pemasaran batik yang akan dipakai siswa sekolah, PNS dan Perusahaan di hari-hari tertentu.

Kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabalong Norzain Ahmad Yani mengatakan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok pengrajin batik khas Tabalong pihaknya siap membantu fasilitasi pemasaran batik salah satunya dengan rencana mengganti pakaian batik siswa sekolah dengan batik khas Tabalong.

Selain meminta dukungan semua pihak, pengrajin ditekankan perlu berinovasi membuat batik yang mempunyai motif khas serta memiliki kualitas agar tidak kalah bersaing dengan batik luar daerah.

"Dari segi pemasaran, kita menginginkan dukungan semua pihak, misal siswa sekolah menggunakan batik khas Tabalong sebagai salah satu seragam yang biasa dipakai dihari tertentu," katanya.

Selain itu, lanjutnya, untuk pegawai negeri sudah memakai batik khas Tabalong di hari kamis, dan diharap pihak perusahaan juga memakai batik khas Tabalong paling tidak di event tertentu.

Sementara itu, pembina pelatihan batik, Siti Zuraida menuturkan selama ini pihaknya berupaya siapkan pengrajin batik khas Tabalong yang handal,  salah satunya dengan memberikan pelatihan dasar pembuatan batik khas Tabalong yang bekerjasama dengan CSR PT Saptaindra.

"Dari sekarang kita menyiapkan SDM untuk memenuhi pangsa pasar, ini adalah langkah awal kita dengan tiga kelompok ini sebagai salah satu percontohan untuk warga lainnya," jelas Zuraida saat ditemui di Mabuun, Senin (29/7).

Dalam pelatihanya sendiri dilaksanakan selama enam hari dimulai tanggal 29 juli sampai tiga agustus 2019, dan ikuti tiga binaan kelompok pengrajin yang beranggotakan 20 orang tiap kelompok diantaranya di desa Padang Panjang, Pangelak dan Warukin, mereka diberikan pelatihan dasar pembuatan batik khas Tabalong.

Siti Zuraida menambahkan , tiga kelompok tersebut dipilih untuk dibina karena memiliki potensi untuk membuat motif khas daerah selain itu pelatihan yang dilakukan juga sebagai percontohan bagi masyarakat lain yang ingin mendapat pelatihan serupa.

Adapun pelatihan dasar batik khas Tabalong (Batik Bersinar dan Batik Sirang) ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong yang dihadiri oleh perwakilan CSR PT SIS, dan sejumlah peserta pelatihan. (MC Tabalong/Sy).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA