Oleh Media Center   Rabu, 17 Juli 2019
Bursa Inovasi Desa Kluster Pertama Dimulai
309 Kali dilihat
Pemerintahan

MediaCenter,Tabalong – Pertama kalinya kegiatan Bursa Inovasi Desa dilaksanakan di Kecamatan, dimana sebelumnya kegiatan yang sama biasanya dilakukan di Kabupaten.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah untuk menimbulkan kedekatan dengan warga desa.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Arianto saat menghadiri dan membuka acara tersebut yang dilaksanakan di Halaman Kecamatan Muara Uya. Selasa (16/7).

“Jadi kenapa kegiatan dilakukan di kecamatan, itu supaya punya sentuhan keterdekatan dengan warga desa, karena kalau di Kabupaten selain jarak jauh, juga forum terlalu besar karena jumlah desa di Tabalong cukup banyak, “ Kata Arianto yang juga menjabat sebagai kordinator tim inovasi kabupaten.

Adapun untuk kluster pertama pelaksanaan kegiatan inovasi desa ini ada dua kecamatan yang digabung, yakni kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Jaro.

"Nanti tidak menutup kemungkinan kedepannya per kecamatan, jadi kecamatan menyelanggarakan sendiri - sendiri itu akan lebih dekat kepentingan lokalnya ketimbang kabupaten, “  tandasnya.

Harapnya,  para stakeholder bisa memanfaatkan forum ini secara optimal sehingga mereka bisa membawa inovasi didesanya yang nantinya bisa dimasukan kedalam program dan kegiatan rencana mereka di APBDes,  dan diimplementasikan, sehingga nanti bisa membawa dampak kesejahteraan masyarakat desa.

Di acara yang sama, Camat Muara Uya, Muhammad Zulfikar menharapkan dengan kegiatan ini akan menghasilkan inovasi yang mampu membuat perubahan besar bagi desa, baik dari sumber daya desanya,  insfratruktur menjadi lebih baik, dan secara tidak langsung menggerakkan ekonomi desa yang berimbas pada perubahan ekonomi desa maupun kabupaten Tabalong.

"Dengan kegiatan ini mudah- mudahan mampu merangsang munculnya inovasi dalam praktek pembangunan desa, serta mampu menjembati sumber daya lokal dengan pemanfataan desa yang lebih efektik sehingga lebih berkomitmen dalam pembangunan desa." Jelasnya.

pada intinya melalui bursa ini nanti akan muncul program dan kegiatan desa yang akan mengoptimalkan pelayanan kepada msayarakat sehingga apa yang jadi visi misi kabupaten Tabalong bisa terwujud.

Diakhir acara para peserta yang terdiri dari  kepala desa dan pendamping desa kecamatan Muara Uya dan Jaro di berikan kartu Komitmen dan kartu ide inovasi untuk diisi yang nantinya akan dikonsultasikan  kembali pada tiga bilik bursa yang terdiri dari bilik bursa  kewirausahaan, Insfratruktur, dan SDM (MC Tabalong /Sy).