Oleh Media Center   Kamis, 20 Juni 2019
Tingkatkan Peran dan Fungsi Perempuan, Tabalong Gelar Workshop
70 Kali dilihat
Pemerintahan

MediaCenter, Tabalong – Perencanaan dan Penganggaran Reponsif Gender (PPRG) bagi aparatur SKPD di Kabupaten Tabalong 2019 di hadiri oleh Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani di Gedung Pusat Informasi Tanjung. Rabu (19/6/2019).

Kegiatan workshop dilaksanakan selama dua hari dari 19 sampai 20 Juni 2019 dan di ikuti oleh 51 peserta terdiri dari Kasubag Perencanaan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) 30 orang, Kasubag Perencanaan Kecamatan 12 orang dan Staff bagian Sekretaris Daerah 9 orang.

Workshop Perencanaan dan Penganggaran Reponsif Gender ini digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk  dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong. Adapun tujuan di gelarnya workshop ini adalah mengintegrasikan gender pada saat menyusun kebijakan, program dan kegiatan masing-masing bidang pembangunan.

Bupati Tabalong mengatakan workshop yang dilakukan ini tentunya untuk meningkatkan status, fungsi dan peran perempuan Tabalong dalam rangka mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender dalam terwujudnya rencana pembangunan daerah yang responsive gender, salah satu syaratnya adalah dengan menyusun PPRG bagi SKPD.

“SKPD perlu membuat suatu acuan dan perencanaan sebagai dasar kegiatan dan untuk mempermudah dalam melaksanakan progam kegiatan, sehingga setiap kegiatan memiliki arah dan target pencapaian yang jelas” tambah Anang.

Workshop yang dilaksanakan ini juga merupakan pelaksanaan pembangunan sebagai salah satu syarat untuk mencapai hasil pembangunan yang berkeadilan gender dan membawa manfaat bagi laki-laki maupun perempuan, dengan demikian, kesetaraan gender mendapat kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta haknya.

Selanjutnya, kesetaraan dan keadilan gender di daerah Kabupaten Tabalong dikatakan lebih baik dibandingkan daerah lainnya yang berada di Kalimantan Selatan, karena dari data Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini data keterlibatan perempuan di parlemen mencapai 23,33%, dan juga data perempuan sebagai tenaga professional mencapai 46,93%.

Sementara itu, Karmiani selaku kepala bidang DP3AP2KB Kabupaten Tabalong mengatakan workshop ini bertujuan untuk mendorong adanya satuan gerak dalam menetapkan target dan capaian pelaksanaan Pengurustamaan Gender (PUG).

Ia juga berharap agar kegiatan workshop ini tidak hanya diikuti saja tetapi juga harus mengerti. “Tahun 2018 yang lalu kami sudah mengadakan workship PPRG, namun hanya beberapa SKPD yang sudah mulai paham dengan analisis ini, semoga tahun 2020 nanti seluruh SKPD di Kabupaten Tabalong sudah mempunyai analisis kegiatan tersebut.” Ujar Karmiani. (MC Tabalong/Maimun). 

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA