Oleh Media Center   Rabu, 29 Mei 2019
TPA Haruai Bisa Tampung Sampah Hingga 2025
241 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong – Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi bersama rombongan melakukan peninjauan langsung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang terletak di desa bongkang Kecamatan Haruai, Selasa (28/5).

Kunjungan tersebut selain melihat lokasi, juga melihat kesiapan TPA didesa bongkang ini yang nantinya menjadi tempat penampungan sampah yang baru untuk wilayah Kabupaten Tabalong.

“Jadi tujuan kita hari ini selain melihat lokasi juga memantau sejauh mana kesiapan TPA yang nanti akan digunakan,  mengingat kondisi penampungan yang dulu sudah tidak bisa memungkinkan lagi karena melebihi kapasitas.” Jelas Wabup Mawardi.

Dirinya berharap dengan TPA  baru ini, tidak hanya jadi area pembuangan dan penampungan sampah tapi ada pula pengolahan dan pemukiman serta dengan kawasan akhir ini lebih tertata rapi.

Sedangkan Kepala Bidang Persampahan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Fairuzi menjelaskan TPA yang baru ini diperkirakan bisa menampung sampah di Kabupaten Tabalong sampai tahun 2025.

“Kalau jumlah besaran sampah yang akan ditampung belum bisa dipastikan, tapi sampai tahun 2025 insya allah TPA ini masih bisa menampung sampah, “ ujar Fairuzi, ketika ditemui awak media.

Menurutnya lagi, TPA baru ini ada memiliki beberapa zona penampungan, dan luas setiap zona berbeda beda, tapi untuk luas lahannya sendiri  sekitar 12 hektar.

Lebih lanjut, kata Fairuzi dalam pengerjaan TPA ini  sudah berlangsung sejak awal tahun 2018 dan menggunakan dana APBN.

“Sebenarnya akhir tahun 2018 TPA ini sudah selesai,tetapi belum bisa digunakan, karena masih dalam masa pemeliharaan,apabila masa pemeilharaan sudah selesai dan adanya berita acara penyerahan,baru TPA ini bisa digunakan.” Pungkasnya. (MC Tabalong/Sy).