Oleh Media Center   Kamis, 02 Mei 2019
Pleno Rekap Suara Pemilu Harus Diawasi Ketat
289 Kali dilihat
Politik & Hukum

MediaCenter,Tabalong – KPU Tabalong melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi  Dan Penetapan Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten Tabalong Pemilihan Umum Tahun 2019 di Aston Tanjung City Hotel, Rabu (1/5).

Rapat pleno tingkat kabupaten ini adalah tahapan lanjutan dari rapat pleno di tingkat kecamatan yang telah dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dalam mekanismenya, PPK Kecamatan membacakan formulir C1 yang sudah diplenokan di tingkat kecamatan dihadapan komisioner KPU serta diawasi oleh para saksi serta Bawaslu.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah mengatakan bahwa  rapat pleno ini sudah sesuai dengan aturan KPU yang mana dari tanggal 20 April sampai tanggal 7 mei 2019 KPU tingkat kabupaten harus melakukan rapat pleno rekapitulasi dan pentapan hasil suara.

Ia juga mengatakan bahwa pada saat rekapitulasi diharapkan semua peserta rapat baik itu saksi, dan bawaslu untuk mencermati data yang diinput oleh KPU Tabalong.

“Tolong disinkronisasikan, betul-betul dicermati, jadi kita saling mengontrol.” Tambahnya.

Senada dengan Ardiansyah, Ketua KPU Kalimantan Selatan, Sarmuji mengatakan bahwa saksi dan partai politik agar bisa benar-benar mengawal jalannya proses rekalpitulasi.

“Mestinya dikawal dari form C1, karena itu lah pegangan para saksi atau peserta pemilu untuk melakukan pengawasan ketat terhadap proses rekap” Jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tabalong, H. Anang  Syakhfiani yang ikut berhadir dalam rapat pleno kali ini berpesan kepada KPU dan PPK bahwa pekerjaan yang saat ini dilakukan erat kaitannya dengan suara dan aspirasi rakyat.

“Apa yang saudara lakukan hari ini sangat dinantikan oleh teman-teman kita yang menjadi kontestan,  semoga apa yang sudah dilakukan di tingkat kecamatan bisa mendapatkan legitimasi pada rapat pleno kali ini.” Pesannyaa.

Terlepas dari itu, Anang mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia pemilu yang telah sukses menyelanggarakan pemilu 2019 kali ini.

“Tingkat partisipasi masyarakat meningkat dari tahun 2014. ini menjadi catatan, untuk pemilu yg akan datang, harus benar2 sosialisasikan dari aekarang, sehingga kualitas pemilu meningkat.“ Pungkasnya.

Sebagai informasi, Rapat Pleno rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat kabupaten  ini berlangsung selama dua hari dari 1 mei  hingga 2 mei 2019. (MC Tabalong/Gilang).