Oleh Media Center   Kamis, 02 Mei 2019
Jalan Sehat Di Peringatan Hari Buruh
21 Kali dilihat
Khas Daerah

MediaCenter,Tabalong - Peringatan Hari Buruh atau Mau Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2019 di sambut antusias oleh ribuan warga Tabalong.

Dikemas dengan cara berbeda, dimana pada peringatan tersebut biasanya ada aksi turun ke jalan dalam rangka demonstrasi, tetapi Forum Komunikasi Serikat Pekerja Mandiri (FKSPM) Site Adaro sebagai penyelenggara justru mengajak seluruh warga Tabalong secara bersama sama mengikuti jalan sehat.

Jalan sehat sendiri, dilepas secara resmi oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani bersama perwakilan Pimpinan SKPD Tabalong dan sejumlah pejabat Perusahaan perusahaan yang tergabung dalam FKSPM.

 Dalam sambutannya, Bupati Anang menyampaikan sejak tahun 2014, peringatan Hari Buruh di Kabupaten Tabalong  selalu dilaksanakan secara kekeluargaan, diantaranya dengan jalan santai dan donor Darah.

" Biasa kalau di tempat - tempat lain hari buruh indentik dengan setengah kerusuhan, tapi ditempat kita Alhamdulillah May Day dilaksanakan dengan damai dan berkah," ujarnya.

Selanjutnya , Bupati Anang sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan para buruh dalam memperingati hari buruh yang dinilainya memiliki ciri khas tersendiri sehingga hal tersebut diadopsi oleh daerah lain.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Tabalong saya memberikan apresisasi kepada teman - teman FKSPM dan seluruh pekerja yang ada di Kabupaten Tabalong, mari May Day kali ini kita isi dengan kegiatan - kegiatan yang bermanfaat," jelas Anang.

Selanjutnya Anang berharap melalui kegiatan jalan santai ini dapat mewujudkan kebersamaan antara para pekerja dengan pihak perusahaan serta seluruh masyarakat kabupaten Tabalong.

Sementara , ketua pelaksana peringatan May Day Edy Nuryanto mengatakan kegiatan kali ini mengangkat tema "Together We Grow" atau bersama kita sebanyak  membangun. Pihaknya menyediakan sebanyak 6.600 kupon.

Untuk rutenya sendiri, garis start di mulai pintu gerbang Expo  Center Tanjung melewati obor mati, diteruskan ke Tugu Obor dan finis kembali di pintu gerbang Expo Center, dan jarak tempuh berkisar 3.8 kilometer.

"Dengan May Day Kali ini sesuai tema, kita ingin membentuk seluruh jajaran, dari serikat pekerja, pemerintah bersama - sama untuk membangun dan mensejahterakan keluarga agar terlihat lebih harmonis," ungkapnya.

Edy berharap melalui peringatan hari buruh ini pemerintah dapat lebih adil kepada para buruh yang menjalin hubungan industrial dengan pihak perusahaan.

"Yang namanya pekerja harapannya dia akan sejahtera," Pungkasnya.

Selanjutnya acara diakhiri dengan pengundian dooprize dimana hadiah utama berupa dua tiket umroh,dua sepeda motor dan sejumlah hadiah hiburan lainnya. (MC Tabalong/Sy)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA