Oleh Media Center   Jumat, 03 Mei 2019
Gerakan Wanita Inovatif Gelar Kampoeng UKM
37 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong – Gerakan Wanita Inovatif Tabalong ambil bagian dalam kegiatan pameran Gerbang Emas Kampoeng UKM, dimana guna dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemandirian dengan mengembangkan potensi sumber daya.

Adapun sasaran dari program ini adalah mengembangkan usaha kecil dan menengah lokal guna mewujudkan kemandirian ekonomi melalui pameran Gerbang Emas UKM.

Bertempat di Expo Center Tanjung, Rabu (1/5), kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani yang dihadiri Pimpinan SKPD terkait lainnya.

Dengan program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas), Pemerintah Kabupaten Tabalong akan terus digalakkan.

“ Kegiatan ini pertama kalinya dilakukan oleh Wanita Inovatif Tabalong, saya sangat mengapresiasi dan terus mendukung yang dilakukan baik dari Asosiasi pengusaha, Komunitas dan lainnya,  dalam rangka memperdayakan atau memanuasiaan pelaku UKM.” Katanya.

Menurutnya, UKM itu harus diberi perhatian , dan itu terbukti di Tabalong sendiri sudah banyak menghasilkan UKM, “ Jadi banyak yang bertanya kenapa Tabalong perlu menghasilkan UKM, jawabnya sederhana karena di Tabalong berada di posisi yang strategis,” ucap Anang.

Menurutnya lagi,  di era modernisasi saat ini penyebar luasan informasi dan komunikasi menjadi sesuatu yang sangat penting dan strategis. Karena siapa saja yang dapat memanfaatkan keduanya secara optimal dia akan menjadi pemenang.

"Oleh karnanya kepada semua pihak khususnya kalangan UKM diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang promosi," ungkapnya.

Sementara,  Tari Nur Rizky selaku Ketua Komunitas Wanita Inovatif Tabalong mengatakan dalam Pameran Gerbang Emas UMKM, sebanyak 60 Usaha Kecil Menengah yang ikut serta, dan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 1 Mei hingga 3 Mei 2019.

Pameran kali ini menampilkan berbagai produk olahan kemasan, kuliner, fesyen dan kerajinan tangan lokal serta jasa.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud pengembangan UKM di Tabalong yang bertujuan  untuk mendorong dan menciptakan pengembangan ekonomis,  serta lebih memperkenalkan karya kreatif UMKM kepada masyarakat.” Ujar Tari.

Selain itu, ini menjadi nilai tambah yang nantinya dapat menjaga momentum pertumbuhan dan menciptakan lapangan pekerjaan, “ Nilai tambah ini juga dapat meningkatkan ketahan rumah tangga yang akan berkontribusi pada upaya pemeliharaan serta peningkatan sistem keuangan keluarga.” Lanjutnya.

Selain pameran kita juga melaksanakan pasar murah, lomba mengenal bumbu hingga lomba nyanyi lagu tempo dulu," Pungkasnya. (MC Tabalong/Sy)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA