Oleh Media Center   Jumat, 05 April 2019
Padi Gogo Potensi Ekonomi Baru di Desa Sulangai
67 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong -  Ketua kelompok tani "kenang" Desa Solan, Kecamatan Jaro , Muhammad Bustani merasa sanggat senang karena pada panen tahun ini hasil padi baik dan tidak ada yang terserang hama.

Hal ini dikatakannya ketika diwawancarai seusai Panen Raya Padi Gunung di Desa Solan Kecamatan Jaro, Kamis (4/4).

“Alhamdulillah padi yang dipanen hasilnya bagus, dan tidak ada yang terserang hama.” Katanya.

Jenis padi Varietas padi Inpago 9 saat ini yang ditanam ada beberapa macam diantaranya mayas, buyung, sutra.

Tercatat seluas lahan lebih dari 50 hektare ditanami warga Desa Solan dengan jenis padi gogo dengan tempat yang terpisah-pisah, saat ini luas lahan yang diadakan panen padi gogo sekitar 2 hektare.

"Saat Ini masyarakat sekitar hanya melakukan tanam setahun sekali dengan masa tanam kurang lebih enam bulan, saya juga berharap kedepanya kami bisa mengembagkan lahan lebih baik lagi."Tambahnya.

Bupati Tabalong yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji yang juga ikut memanen padi mengatakan, panen padi gogo kali ini memiliki daya tarik tersendiri mengingat lokasinya berada di desa yang memiliki potensi wisata.

"Kampung Sulangai sudah memperlihatkan keberhasilan mereka dalam menanam padi gogo dan menambah daya tarik dengan adanya objek wisata air terjun abuya yang sangat dekat jaraknya dengan area pertanian."Jelasnya.

Sehingga selain unsur pertanian, perkebunan, tetapi juga unsur wisata di Kampung Sulangai bisa mendorong nilai prekonomian masyarakat setempat. (MC Tabalong/Mona).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA