Oleh Media Center   Selasa, 09 April 2019
Desa Habau Persiapkan Diri Jelang Lomba P2WKSS
97 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong – Untuk menghadapi kedatangan tim penilai dari provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka persiapan lomba desa binaan peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKSS) dan GSI tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada september Tahun 2019 mendatang.

Kabupaten Tabalong melalui Desa terpilih yakni Desa Habau Kecamatan Kelua melakukan pembinaan dengan beberapa kelompok kerja (Pokja) Desa Habau, dimana tujuan pembinaan untuk membahas dari masing-masing pokja terkait lomba yang akan diikuti. Jumat (5/4), Bertempat di Kantor Desa Habau.

Karmiani selaku kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas DP3AP2KB Kabupaten Tabalong mengatakan kegiatan ini sebagai pembinaan kepada masing-masing pokja agar nantinya menghasilkan masukan dan bimbingan supaya kedepannya bisa membenahi diri agar lebih baik lagi, dan akhirnya desa Habau dapat memperlihatkan hasil terbaiknya pada lomba tersebut.

“ Untuk itu, pembinaan ini salah satunya agar menumbuhkan kebersamaan dan kerjasama yang baik supaya desa Habau menjadi desa yang maju , karenanya para Kader terus bersemangat dan menjaga kebersamaan serta kekompakan,”tutur Karmiani.

Lebih lanjut,Karmiani menjelaskan terpilihnya Desa Habau dalam mengikuti lomba ini dikarenakan dalam P2WKSS ini merupakan desa tertinggal, oleh sebab itu dari penilaian kabupaten desa habau ini layak diikutsertakan.

“Tujuan utama kegiatan ini nantinya agar desa ini tidak tertinggal lagi ,jadi dia bisa berkembang dalam meningkatkan peranan wanita untuk membantu percepatan pembangunan, paling tidak meningkatkan perekonomian keluarga.”Tambahnya.

Adapun dalam menghadapi lomba ini,Desa Habau mengangkat inovasi dari pembuatan buah kolang kaling, karena selain buahnya , dari semua pohonnya banyak dimanfaatkan seperti batang pohon bisa dijadikan bahan bakar, kulit buah kolang kaling bisa dijadikan untuk pupuk, serta limbahnya bisad dijadikan pupuk.

“Mudah mudahan ini jadi inovasi Desa Habau, itu yang akan diangkat nantinya di lomba tersebut, selain tikar purun yang menjadi mayoritas di desa Habau.”Ungkapnya.

Untuk mendukung kegiatan lomba tersebut,Karmiani berharap adanya dukungan semua SKPD agar terlibat membantu dalam indikator-indikator penilaian lomba nanti, “Mudah-mudahan ini bisa berhasil agar desa bisa berkembang dalam meningkatkan peranan wanita untuk membantu percepatan pembangunan, paling tidak meningkatkan perekonomian keluarga.”Pungkasnya. (MC Tabalong/Said)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA