Oleh Media Center   Kamis, 11 April 2019
Anang Mencoblos di Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
62 Kali dilihat
Politik & Hukum

MediCenter, Tabalong - Menjelang hari pemungutan suara Pemilu Serentak tangal 17 April 2019 nanti, KPU Tabalong menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Kamis (11/4/2019), di Tanjung Expo Center.

 

Simulasi itu dalam rangka persiapan menghadapi dan mematangkan Pemilu serentak pada 17 April.

 

Kegiatan yang diselenggarakan KPU Tabalong tersebut tampak hadir Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani.

 

Simulasi meliputi peragaan tentang aktivitas anggota KPPS memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan hak suaranya dengan mencoblos.

 

Dari hasil pantauan Media Center Tabalong, Irwin Apriadi, ‎dimulai ‎pengambilan sumpah dilakukan oleh KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), penghitungan surat suara yang akan dicoblos serta penghitungan surat suara cadangan, proses pencoblosan, dan penghitungan surat suara yang dicoblos.

 

Simulasi proses pencoblosan, pertama kali dilakukan oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani.

 

Menurut Anang, Simulasi yang di gagas KPU sangat penting. Pasalnya dengan ini dapat terpantau sejauh mana petugas di lapangan menghadapi situasi riil dan bagaimana efektifitas petugas TPS menghadapi kondisi dan kendala di lapangan.

 

"Simulasi ini sangat penting. Jadi masyarakat tau gambaran tentang cara pemungutan dan penghitungan suara sekaligus memperkuat kesiapan PPK dan PPS dalam Pemilu 2019," katanya.

 

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah berkata, tujuan dilakukan simulasi tersebut sebagai bahan evaluasi bagi KPU,  Bawaslu,  Kepolisian, serta pihak terkait.

 

"Melalui simulasi ini KPS dan PPS dapat memahami cara baik tahapan yang berkaitan dengan pemungutan dan penghitungan suara," pungkasnya (Irwin Apriadi)

 

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA