Oleh Media Center   Jumat, 01 Maret 2019
Rapat Paripurna DPRD,Bupati Tabalong Sampaikan LKPJ Akhir Masa Jabatan
64 Kali dilihat
Sosial & Budaya

MediaCenter, Tabalong – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong menggelar Rapat Paripurna laporan pertangungjawaban akhir masa jabatan (LKP-AMJ), Kepala daerah akhir tahun 2018 di Ruang rapat Paripurna DPRD KabupatenTabalong,Kamis (28/2/2019).

Rapat yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Tabalong H. Darwin Awi itu dihadiri oleh sekretaris daerah Tabalong, Forkopimda dan Pimpinan SKPD se-Kabupaten Tabalong.

Pada kesempatan itu, selaku kepala daerah , Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani menyampaikan hasil tugas akhir masa jabatan Bupati Tabalong periode 2014-2018. Dimana Laporan dalam bentuk keterangan pertanggungjawaban sebagai kewajiban konstitusi di hadapan Rapat Paripurna DPRD.

Dalam pidatonya Bupati  menyampaikan keberhasilan Pembangunan selama periode 2014-2018, diantaranya target Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tahun terkahir RPJMD sebesar 71,30 pada tahun 2018 sudah terealisasi 71,40 dengan kinerja pencapaian sebesar 100,14%.

Selain itu, target angka harapan hidup tahun terakhir RPJMD sebesar 73,59%, pada tahun 2018  sudah terealisasi sebesar 70,01 dengan kinerja pencapaian sebesar 95,14 %.Target Angka melek huruf tahun terakhir RPJMD sebesar 98,41 terealisasi 99,37% dengan kinerja pencapaian sebesar 100,98%.

Angka rata-rata lama sekolah tahun terakhir RPJMD sebesar 8,24 , pada tahun 2018 sudah terealisasi 8,62 dengan kinerja pencapaian sebesar 104,61%.

Selain itu, Kondisi jalan Kabupaten dengan konidisi baik selama periode 2015-2018 selalu meningkat, dengan peningkatan kondisi jalan baik rata-rata sepanjang 26.485 km/tahun atau sebesar 2,93 %.

Ketersedian fasilitas perlengkapan jalan dan penerangan jalan umum ( PJU ) pada jalan Kabupaten tahun 2018 tercatat 94,31 %.Selain itu Ketersedian angkutan umum yang melayani wilayah yang telah tersedia jaringan jalan untuk Kabupaten tahun 2018 tercatat 71,42%.

"Dengan ini kita bersama-sama telah merasakan ke majuan pembangunan yang sangat pesat di Bumi Sarabakawa ini, namun demikian kami menyadari bahwa apa yang telah kita capai dan hasilkan sampai saat ini, masih belum bisa memenuhi semua harapan masyarakat. " Katanya.

Lebih lanjut, dirinya berharap agar penerus kepemimpinan di Bumi Sarabakawa dapat melanjutkan pembangunan sehingga dapat memenuhi harapan-harapan masyarakat yang belum terwujud.

Terakhir Bupati Anang juga mengucapkan terima kasih atas keberhasilan yang dicapai dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya karena ini  tidak lepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dari semua unsur pimpinan daerah yang ada di Kabupaten Tabalong.

Diacara yang sama, usai kegiatan tersebut ,ketua DPRD Tabalong H. Darwin Awi menanggapi dari hasil laporan yang disampaikan Bupati,sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 3, DPRD  nantinya akan membahas lagi secara intern laporan yang disampaikan Bupati tersebut.

"Disini tidak ada istilah menerima dan menolak,  yang ada hanyalah memberikan rekomendasi sifatnya kepada pemerintah daerah yang menurut dewan masih perlu perbaikan, kalau itu bersifat rekomendasi, sebaiknya kepala daerah melakukan atau menerima rekomendasi itu atau tidak juga tidak masalah, hal ini nantinya untuk kebaikan Kabupaten Tabalong dimasa yang akan datang."Jelasnya.

Oleh karena itu, kata Darwin dirinya bersama anggota dewan lainnya akan menjadwalkan sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati baru, tanggal 17 Maret 2019 di Banjarmasin oleh Gubenur atas nama Menteri dalam negeri, rekomendasi sudah kita keluarkan." Insya Allah tanggal 14 atau 15 itu kita Paripurnakan untuk menyampaikan rekomendasi kepada kepala daerah.” Pungkasnya.

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA