Oleh Media Center   Rabu, 20 Pebruari 2019
Wirausahawan Tabalong Dilatih Dasar Berwirausaha
101 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter,Tabalong – Sebanyak 60 peserta dari 20 desa Se-Kabupaten Tabalong yang sebelumnya ikut dalam Gebyar Bina Desa Adaro Indonesia mendapat pelatihan kewirausahaan UMKM dari CSR Adaro Indonesia. Berlokasi di Aula BKPP Tabalong, pelatihan ini dilakukan selama dua hari terhitung dari tanggal 19 – 20 Februari 2019.

Dalam pelatihan ini, para wirausaha yang masih tumbuh mendapatkan pelajaran tentang cara memasarkan sebuah produk dan membentuk pola pikir dalam berusaha.

Seperti yang dikatakan oleh Leni Marlina, CSR Adaro Indonesia bahwa hal–hal mendasar yang berkaitan dengan kewirausahaan menjadi pelajaran pokok yang diberikan kepada para pewirausaha di Tabalong.

“Ada beberapa kegiatan ada paragima entrepreneur, terus ada Basic Managerial Concept (BMC) serta pemasaran seperti legalitas yang diperlukan.” Jelasnya ketika memberikan sambutan pada penutupan pelatihan tersebut, Rabu (20/9).

Ke depannya, para pewirausaha ini tidak hanya berhenti dipelatihan ini, tetapi akan terus diberikan pembinaan agar usaha yang dilakukan bisa terus berkembang.

“Kami berharap output yang didapat bisa menjadi dasar utama dalam melaksanakan atau meningkatkan wirausaha mereka,” harapnya.

Tidak hanya itu, Leni menginginkan para pewirausaha ini bisa ikut dalam Adaro Spectapreneur yang setiap tahunnya dilakukan Adaro untuk diberikan bantuan permodalan untuk mengembangkan usahanya.

Kepala desa Masingai II, Sabar Susilo berterima kasih dengan adanya pelatihan ini. Menurutnya dengan adanya pelatihan ini ibu–ibu PKK yang ada di desanya telah memiliki pengetahuan mengenai cara memasarkan produk.

“Sebelumnya kami tidak tahu cara menentukan segmen pasar yang cocok untuk produk kami karena yang kami jual adalah produk olahan rumah seperti keripik.” Katanya.

Ia berharap ke depannya juga pelatihan seperti ini bisa terus lakukan agar ibu–ibu yang ada di desanya bisa memiliki kegitan yang produktif di samping mengurus rumah tanggga. (MC Tabalong/Gilang).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA