Oleh Media Center   Rabu, 20 Pebruari 2019
USAHA TERNAK BEBEK PETELUR BISA MENJADI TAMBAHAN PENHASILAN
134 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter, Tabalong – Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani bersama jajarannya menyambangi peternakan bebek salah satu warga Desa Hariang yang telah berhasil dalam memproduksi dan mengembangkan telur bebek sebagai usaha sampingan.Senin (18/2).

Terletak di Desa Hariang Kecamatan Banua Lawas, usai meresmikan POSKESDES Bungin yang masih dalam satu wilayah kecamatan Banua Lawas, Bupati Tabalong dan jajarannya mengunjungi secara langsung peternak bebek yang tengah berhasil mengembangkan bebek melalui telur yang dihasilkan.

Tergabung dalam kelompok bersama, Ahmadi selaku peternak bebek asal Desa Hariang saat dikunjungi menjelaskan beternak bebek ini di lakoninya baru tiga bulan terakhir.

Menurut Ahmadi ,Beternak bebek ini merupakan usaha sampingan dimana usaha utamanya yakni bertani, “Jadi kalau benar-benar serius dijalani insya Allah bisa kelihatan hasilnya, terbukti dengan keuntungan yang saya dapat setiap harinya berkisar Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).” Ujar Ahmadi

Untuk modalnya sendiri, ujar Ahmadi dirinya mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah dan kelompok swadaya masyarakat dengan sejumlah anak bebek yang dibesarkan oleh peternak bebek sendiri. Dengan jumlah bebek sebanyak 200 ekor, setiap harinya bisa menghasilkan 145 butir telur, dan harga jual telur bebek sekitar Rp1.800 rupiah.

Menurut Ahmadi untuk menghasil telur yang baik, bebek juga diperhatikan dari segi pakannya. “Untuk pakan-Nya sendiri biasanya kami mengambil dari pabrikan karena melihat komposisinya yang lengkap akan vitamin makanya hasil telur yang dihasikan juga sangat baik dan itu terlihat dari kuning telur dan dari segi rasa telur itu.” Bebernya.

Melihat keberhasilan atas usaha beternak bebek ini, Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani saat mengunjungi peternakan bebek,  sangat memberikan apresiasi dan perhatian atas usaha yang sudah dilakukan warga Desa Hariang dan kelompoknya.

 Demi keberhasilan berternak bebek harus di tunjang dari berbagai aspek salah satunya pakan ternak, Bupati Anang menyarankan agar pakan  bisa dibuat sendiri, untuk mendapatkan kualitas dan keuntungan dalam usaha ini.

“Pakan sendiri menjadi sangat penting, oleh sebab itu saya harapkan agar mendapatkan keuntungan lebih banyak lagi, peternak bebek bisa melakukan inovasi dengan membuat sendiri pakan tersebut, untuk mesinnya pakannya nanti kita akan pesan,” Ujar Bupati Anang.

 Untuk mengembangkan usaha ini ,Bupati Anang akan melaunching 200 kelompok pertahunnya agar usaha berternak ini benar –benar menjadi salah satu usaha dalam meningkatkan ekonomi warga sekitar.”Insya allah 2019-2024 kita akan launching kelompok usaha seperti ini lagi, dan satu kelompok akan diberikan bantuan permodalan 20 juta rupiah, jadi tinggal kita mengadopsinya saja misalkan peternakan bebek itu sudah cocok, kita akan lebih kembangkan lagi.” Pungkas Bupati Anang.

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA