Oleh Media Center   Rabu, 06 Pebruari 2019
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Nurul Rahman
62 Kali dilihat
Sosial & Budaya

MediaCenter, Tabalong – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan mesjid Nurul Rahman yang terletak di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta. Senin (2/4).

Kegiatan tersebut salah satu rangkaian awal dalam pembangunan renovasi total mesjid Nurul Rahman,dimana peletakan pertama batu tersebut di lakukan oleh bupati Tabalong yang disaksikan oleh camat,Kepala Desa ,dan warga desa Padang Panjang.

Mesjid Nurul Rahman sendiri terletak di pinggir jalan raya ini menjadi pembatas antara kabupaten Tabalong dengan Kabupaten Balangan yang saat ini dalam proses renovasi.

Dimana Sejak Tahun 1978 berdirinya Mesjid Nurul Rahman ini sudah dua kali melakukan renovasi kecil, dan renovasi terakhir dikerjakan pada tahun 2006 dimana tanahnya merupakan hibah dari warga Desa Padang Panjang.

Menurut Kepala Desa Padang Panjang ,Sokhidin mengakui renovasi total mesjid ini dilakukan karena Mesjid Nurul Rahman sudah terlalu kecil untuk menampung jamaah dari warga desa padang panjang yang semakin pesat dan bertambah.

“ Jadi renovasi ini tujuannya salah satunya untuk lebih memperluas bangunan mesjid itu,agar nantinya bisa menampung lebih banyak jamaah lagi ,karena bukan saja warga Desa Padang Panjang yang melaksanakan ibadah di mesjid ini, tetapi warga lainnya seperti dari pengunjung yang lewat dan karyawan perusahaan yang ada disekitar.”kata Sokhidin.

Sementara, Ketua Pengurus Mesjid Nurul Rahman,H.Muhammad membenarkan apa yang dikatakan Kepala Desa Padang Panjang tersebut, menurutnya renovasi ini dilaksanakan atas dasar ide warga sekitar.

“ Melihat banyak warga yang melaksanakan ibadah di mesjid ini,sedangkan ukuran mesjid tidak bisa menampungnya, makanya atas dasar tersebut melalui musyawarah kami bersama sama ingin memperluas bangunan mesjid ini agar memudahkan serta memberikan kenyamanan warga yang akan melaksanakan ibadah.”ucapnya.

Lebih lanjut, Muhammad menjelaskan untuk ukuran awal mesjid Nurul Rahman dulunya mempunyai luas ± 10×10 Meter sedangkan rencana renovasi ukurannya ± 18×18 Meter dengan ketinggian 7 meter. Sedangkan untuk dana yang diperlukan berkisar 2 milyar, dengan target dua tahun mesjid tersebut sudah selesai.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tabalong ,H Anang Syakhfiani usai melaksanakan peletakan batu pertama menyambut baik dan sangat memberikan apresiasi atas kegiatan ini.

Dikatakannya, kegiatan ini menjadi peristiwa penting karena hal ini terjadi karena adanya keinginan kuat yang berasal dari warga sekitar yang ingin memperbesar mesjid Nurul rahman.

“ Ini sebagai bukti bahwa warga desa padang panjang memiliki kesadaran dalam memantapkan keimanan dan ketakwaan serta menjadikan dakwah islam, oleh sebab itu Pemkab Tabalong sangat memberikan apresiasi usulan ini .”ujar Bupati Anang.

Oleh karenanya, apabila mesjid ini sudah selesai ,bagus dan bersih, tidak tertutup kemungkinan menjadi persinggahan orang yang ingin melakukan ibadah , “karena saya perhatikan kalau mesjid yang sering disinggahi orang pasti mesjid itu akan makmur.”pungkas bupati.

Oleh sebab itu, untuk bisa menyelesaikan mesjid ini , Bupati Anang menghimbau adanya kerjasama dan partisipasi baik pemkab maupun pihak swasta dan masyarakat dalam memberikan bantuan untuk menghimpun dana agar mesjid ini benar benar selesai dan dapat digunakan. (Sy)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA