Oleh Media Center   Selasa, 26 Pebruari 2019
23 Rumah Desa Habau di Renovasi  
284 Kali dilihat
Sosial & Budaya

MediaCenter, Tabalong - Puluhan warga Desa Habau Kecamatan Banua Lawas yang hidupnya pas-pasan kini mendapatkan bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong.

Rumah mereka yang awalnya mengalami kerusakan dan lapuk, kini diperbaiki hingga menjadi rumah layak huni sesuai standar yakni adanya jendela dan pintu.

Bantuan sendiri untuk warga Habau masing-masing mendapatkan uang sebesar Rp15 juta rupiah, di mana dengan uang tersebut warga wajib menggunakannya untuk perbaikan atau renovasi rumah.

23 rumah yang diberikan bantuan terdiri dari 17 rumah dari bantuan Proyek Stimulan Perumahan Swadaya, dan 6 rumah dari bantuan Rehabilitasi Sosial RTLH dari anggaran dana 2018. Program ini mendapat tinjauan langsung dari Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, Selasa (25/2/2019).

Kepala Desa Habau, Abdul Hamid saat diwawancarai awak media mewakili warga yang mendapatkan bantuan mengucapkan terima kasih kepada Pemda yang telah memperhatikan serta membantu warga yang tidak mampu dalam memperbaiki rumahnya.

“Alhamdulilah, hari ini bisa disaksikan dan ditinjau langsung oleh Bupati Tabalong mudah–mudahan dengan bantuan ini bisa dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya.” Ujar Hamid.

Menurutnya, bantuan ini diberikan karena melihat dari faktor ekonomi dan penghasilan yang diandalkan warga di daerah tersebut hanya ber-tani dan kerajinan anyaman.

 “Oleh sebab itu, 2019 ini kita telah mengajukan kembali, target kita 150 rumah tidak layak huni. Kemarin sudah 23 rumah, jadi sisanya masih ada, mudah –mudahan nantinya bisa mendapatkan bantuan serupa dan hanya tinggal menunggu keputusan Pemkab dan Pusat saja.” Jelasnya.

Dirinya berharap bantuan tersebut bisa terealisasi, yakni pemerintah dapat membantu sisa dari rumah yang belum diperbaiki. Hal ini semata-mata hanya untuk kesejahteraan masyarakat agar mendapatkan rumah layak untuk huni dan sesuai dengan target kesehatan.

Salah satu warga penerima bantuan yaitu Kartini merasa tertolong dengan program ini pasalnya mereka mengakui sebelum diperbaiki. Rumah mereka umumnya tidak layak huni akibat termakan usia.

Sebelumnya rumah yang dimiliki Kartini ini kondisi lantainya miring, akibatnya pintu tidak bisa dibuka. Selain itu, kayunya sudah lapuk termakan usia,”Dengan bantuan ini saya sangat senang sekali dan sangat berterima kasih kepada Pemda. Alhamdulillah dan bersyukur sekali, karena sudah mau membantu dengan perbaikan rumah mudah-mudahan ini bisa saya pelihara dengan sebaik- baiknya.” Pungkasnya.(MC Tabalong/Sy)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA